Thursday, April 27, 2017

Tangan diatas adalah lebih baik


Dalam sebuah kajian Ustadz Armen Halim Naro Lc Rahimahullah menceritakan beberapa pengalaman tentang sedekah, beliau menuturkan pengalaman di Kota Madinah, "suatu hari saya selesai shalat di Masjid Nabawi kembali ke penginapan, dan ketika saya akan masuk pintu penginapan disebelah pintu masuk itu berdiri seorang ibu tua menegur saya,- ya bunayya(wahai anakku) saya dari negri Palestina-, maka langsung terbayang oleh saya negri Palestina yang porak poranda karena perang dan banyak penderitaan disana, dan teguran itu adalah isyarat si ibu membutuhkan bantuan dari saya, maka saya mengeluarkan beberapa real untuk diberikan kepadanya, seketika si ibu kelihatan sangat bahagia, namun sejatinya saya lebih bahagia dari ibu itu, karena tangan diatas lebih baik dari tangan yang dibawah, saya bahagia karena punya kesempatan untuk membantu seseorang yang membutuhkan bantuan. Pernah di Cirebon saya tinggal disana, suatu hari saya dari stasiun ingin ke rumah tempat saya, karena agak jauh maka saya naik becak, dalam perjalanan saya mengobrol, dari pembicaraan itu saya jadi tau bapak ini punya anak istri, dan juga taat dalam beramal ibadah, sesampainya tujuan saya lebihkan ongkosnya 20 ribu, dan bapak itu sangat bahagia, dia sampai menciumi tangan saya dan menangis, MasyaAllah, padahal yang saya berikan cuma 20 ribu, mungkin baginya itu sangat berarti, dan saya juga sebenarnya lebih bahagia dari bapak itu, karena tangan diatas itu lebih baik. Orang2 seperti ini, yang membutuhkan bantuan sepatutnya kita telusuri kisahnya, agar jadi pelajaran bagi kita untuk mengingatkan kita dari sibuknya hiruk pikuk mengejar kesenangan dunia, kisah-kisah orang lain seperti ini dapat menjadikan kita pribadi yang bersyukur, karena dengan mengetahui kesulitan yang dihadapi orang lain kita jadi tau bahwa nikmat Allah Azza Wajalla yang diberikan kepada kita sangatlah banyak, waallahua'lam."
عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ
Dari Hakîm bin Hizâm Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.”
TAKHRIJ HADITS.
Hadits ini muttafaq ‘alaih. Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhâri (no. 1427) dan Muslim no.1053 (124)

No comments:

Post a Comment