Thursday, November 30, 2017

Perjalanan panjang Dakwah, dan Dakwah tidak instan.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ustadz Syarif adalah tenaga pengajar kelas bacaan Al-Quran yang kami adakan untuk warga binaan(napi) di Lapas Sarolangun Jambi, beliau adalah pendakwah senior, sudah berdakwah dibeberapa daerah di Indonesia timur untuk melawan pemurtadan, juga beliau adalah teman sekelas Ustadz Firanda Adirja ketika berada di Jamilurahman Yogyakarta, kadang kala beliau telpon menghubungi saya menceritakan kisah para napi, yang semula mereka kebanyakan buta baca Al-Quran setelah berjalan beberapa bulan kelas bacaan Al-Quran kami, alhamdulillah beberapa orang sudah membaca Al-Qur’an dengan tartil.
Hal ini tentu bikin kami bangga dan terharu, hilang semua kepenatan kami mengusahakan terlaksana kelas bacaan Al-Quran ini. Apalagi ketika melihat kelas ini banyak diminati warga binaan, yang semula kelas hanya terdiri dari sepuluh orang saat ini sudah diikuti 40 orang warga binaan, MasyaAllah.
Juga bantuan dari teman-teman dari berbagai daerah berupa mushaf dan dana sangat berarti bagi kegiatan ini, dan oleh karenanya kami ucapkan banyak terima kasih ikut serta dalam dakwah ini, semoga Allah Azza Wajalla membalas kebaikan kalian dengan pahala disisiNya, aamiin.
Saya masih ingat diawal akan kami adakan kelas ini sempat Kepala Lapas Sarolangun Jambi yakni Pak Supriyadi meragukan niat baik kami, bahkan sempat curiga, beliau berkata, "nanti kalian ajari warga binaanku untuk bikin bom?", subhanaallah, mungkin disebabkan keawaman beliau, karena beliau mungkin terpolusi berita di masyarakat bahwa orang yang berjenggot dan celananya cingkrang adalah orang yang berpaham radikal, suka melawan pemerintah dan bikin bom.
Perlu waktu menyakinkan beliau bahwa kami berpaham Ahlu Sunnah, bukan paham teroris/khawarij seperti dalam benak beliau.
Alhamdulillah seiring waktu beliau akhirnya meluluskan keinginan kami untuk mengadakan kelas bacaan di Lembaga Pemasyarakatan yang beliau pimpinan.
Alhamdulillah kelas serupa juga akan kami adakan di Lembaga Pemasyarakatan Jailolo Halmahera Barat Maluku Utara, insyaallah kelas bacaan bagi warga binaan ini akan dimulai bulan depan, semoga memberi manfaat bagi para warga binaan, aamiin.
Jadi ingat perkataan Ustadz Abdullah Zein MA, beliau mengatakan, "dakwah itu perlu proses panjang, dakwah bukan sesuatu yang instan".
Bagi teman-teman yang berminat bersedekah untuk saudara kita warga binaan di beberapa Lembaga Pemasyarakatan yang kami bina, silahkan hubungi WA 081378517454, semoga amal ibadah antum diterima disisi Allah Azza Wa Jalla, aamiin.
Allah Azza wa Jalla berfirman :
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung” [Ali Imrân/3:104]

No comments:

Post a Comment