Saturday, November 4, 2017

Jadikan kita orang tua sebagai teladan bagi anak.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Ali Ahmad menyebutkan, "kadang orang tua berharap lebih kepada anaknya, namun dia sendiri sulit menjadi teladan bagi sang anak. Misal ketika seorang ayah bersama anaknya yang berumur 15 tahun menonton berita di tv dimana ada anak dari Bangka Belitung yakni Musa umur 5tahun(saat itu) hafal belasan juz Alquran, kemudian sang ayah berkata - lihat tuh nak ada anak umur 5 tahun aja hafal Alquran, lah kamu sudah umur 15 tahun kok gak hafal sama sekali Alquran, padahal kamu lebih tua 10 tahun darinya-, si anak terdiam lalu menjawab perkataan ayahnya, - lah ayah sendiri umur berapa? Dan hafal berapa juz Alquran? -, si ayah kaget dan terdiam karena hafalannya sangat sedikit, mungkin hanya ayat-ayat pendek di juz 30 saja. Oleh karena itu jika kita ingin mendapatkan anak sholeh dan sholehah mulai dari diri sendiri dahulu, jadikan diri kita teladan bagi anak-anak kita, waallahua'lam. "
Allah Ta’ala berfirman:
{وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا}
“Dan orang-orang yang berkata: “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati (kami), dan jadikanlah kami imam (panutan) bagi orang-orang yang bertakwa” (QS al-Furqaan: 74).

No comments:

Post a Comment