Thursday, November 16, 2017

Ilmu agama adalah jembatan kita ke surga


Oleh Siswo Kusyudhanto

Dalam sebuah kajian Ustadz Maududi Abdullah menjelaskan betapa pentingnya ilmu bagi kita untuk mencapai surga,  beliau mengatakan
, " orang yang ingin mencapai surga ibarat  seseorang yang berada disebuah pulau dan ingin menyeberang ke pulau lain,  dan pulau tujuan itu bernama surga.
Ilmu agama adalah jembatan baginya menyeberang ke pulau itu,  dengan ilmu inilah dia berjalan dengan amalannya menuju surga,  dibutuhkan istiqomah dalam jembatan ilmu ini,  kadang ada juga yang sudah berada diatas jembatan namun karena tidak diamalkan sama saja dia berhenti diatas jembatan itu,  mereka adalah orang yang berilmu tapi tidak diamalkan.
Yang lebih buruk lagi adalah orang yang tidak memiliki ilmu sama sekali namun sangat ingin mencapai surga,  karena dia tidak punya ilmu akhirnya beramal sesukanya saja,  sama halnya dia menyeberang ke pulau bernama surga dengan hanya mengandalkan kemampuan berenang dilaut yang dia miliki,  dengan susah payah dia berenang, bahkan mungkin dia akan hanyut dibawa arus laut yang deras karena lelah berenang, dan dia tenggelam sebelum mencapai tujuannya.
Maka hanya orang yang berilmu yang dapat meraih surga,  karena hanya dengan ilmu seseorang punya modal untuk beramal,  tampa ilmu tentu tidak ada amalan yang dapat digunakan meraih surga,  waallahua'lam. "

No comments:

Post a Comment