Sunday, January 29, 2017

Salah satu penyebab istiqomah dalam amal ibadah adalah tergantung siapa teman kita?.


Dalam sebuah kajian Ustadz Abu Zubair Haawary menyebutkan sebab-sebab seseorang istiqomah dalam amal ibadah, yakni tergantung dari siapa teman kita, kata beliau, " jika kita ingin istiqomah dalam amal ibadah maka pilihlah teman-teman yang mendukung kita agar punya semangat beramal ibadah dan menjauhi kemaksiatan. Jangan anda ingin istiqomah dalam amal ibadah namun disisi lain teman2 anda justru mendorong kepada kemaksiatan, tentu keinginan agar istiqomah dalam amal ibadah akan sulit tercapai, karena pengaruh teman kepada seseorang sangatlah besar. Jangan duduk bersama teman2 yang suka membicarakan gossip artis, menggibah(gossip), suka namimah(adu domba), bahas politik dan seterusnya, tapi carilah teman yang mengajak ke kajian agama, yang mengajak kita bersedekah, teman yang menasehati kebaikan dan seterusnya."
Memilih teman yang baik adalah sesuatu yang tak bisa dianggap remeh. Karena itu, Islam mengajarkan agar kita tak salah dalam memilihnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ
Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman -HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378. (ash-Shahîhah no. 927)
Sudah dapat dipastikan, bahwa seorang teman memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap temannya. Teman bisa mempengaruhi agama, pandangan hidup, kebiasaan dan sifat-sifat seseorang.
Referensi dr artikel, "Teman anda cerminan diri anda", dr Ustadz Abu Ahmad Yai di web almanhaj.or.id

No comments:

Post a Comment