Sunday, January 29, 2017

Betapa bengis dan jahatnya pelaku riba.


Rasulullah shallahu ‘alahi wasallam bersabda, "Jauhilah tujuh dosa besar yang membawa kepada kehancuran,” lalu beliau sebutkan salah satunya adalah memakan riba. (HR. al-Bukhari dan Muslim).
Dalam hadits yang lain Nabi shallahu ‘alahi wasallam mengancam pelaku riba dengan lebih tegas, beliau bersabda,
"Dosa riba memiliki 72 pintu, dan yang paling ringan adalah seperti seseorang berzina dengan ibu kandungnya sendiri.” (Shahih, Silsilah Shahihah no.1871)

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Hakim dan dishahihkan oleh beliau sendiri, dijelaskan, "Bahwa satu dirham dari hasil riba jauh lebih besar dosanya daripada berzina 33 kali".
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad dengan sanad yang shahih dijelaskan, "Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari hasil riba dan dia paham bahwa itu adalah hasil riba maka lebih besar dosanya daripada berzina 36 kali".
Maka bayangkan betapa jahat dan bengisnya seseorang yang mampu berzina sebanyak itu dan bahkan pelaku riba paling ringan setara dengan berzina dengan ibu kandungnya sendiri, lelaki seperti apa yang mampu melakukan kemaksiatan seperti itu?, maka jauhi riba.
Dikutip dr Ustadz Muhammad Arifin Badri

No comments:

Post a Comment