Sunday, May 7, 2017

Ustadz Khalid : Wahabi itu apa?


Dalam sebuah kajian seorang jamaah bertanya, "bagaimana sikap Ustadz jika dipanggil Ustadz Wahabi?". Ustadz Khalid Basalamah menjawab, " sebenarnya saya juga tidak mengerti kenapa dipanggil Wahabi, saya aja gak ngerti Wahabi itu apa, atau karena saya juga termasuk alumni Madinah sehingga dipanggil demikian, namun teman-teman perlu ketahui, saya di masjid ini bersumpah demi Allah Azza Wa Jalla, selama saya belajar di Madinah baik dikelas perkuliahan atau juga di halaqah-halaqah para Syaikh yang saya ikuti tidak sekalipun membahas tentang madhzab selain empat madhzab yang ada, selama disana jika membahas hukum fiqih tidak keluar dari empat madzhab, kadang membahas pendapat madzhab Syafi'i atau pendapat Imam Ahmad, dan seterusnya, itupun didasari dengan dalil Sahhih dari Alquran dan hadist Sahhih, dan tidak sekalipun ada dosen atau Syaikh yang mengisi kajian mengajak mengikuti madzhab Wahabi, ini jujur saya ceritakan apa adanya, yang belajar disana. Makanya saya kadang kalau mengantar jamaah haji atau umroh mengajak mereka menghadiri halaqah diseputaran kota Makkah dan Madinah, agar jamaah mengetahui bahwa para ulama dan da'i disana mendakwahkan ilmu syar'i yang bersumber dari Alquran dan hadist Sahihah, bukan mengajak orang untuk mengikuti madhzab Wahabi.
Tapi biarlah jika saya dituduh Wahabi, semoga jadi pahala bagi saya, dan sepatutnya kita doakan mereka yang suka menuduh Wahabi dan berkata buruk tentang saya diberi hidayah oleh Allah Azza Wa Jalla, aamiin."

No comments:

Post a Comment