Thursday, May 11, 2017

Andai Manhaj Salaf itu sebuah ormas


Dari kemarin di inbox saya banyak teman bertanya perihal pembubaran HTI, dan akhirnya saya terlibat dalam beberapa diskusi tentang hal ini.
Membahas tentang pembubaran ormas jadi miris melihatnya, karena tidak sepaham dan dianggap bertentangan dengan pahamnya maka kekuatan yang lebih besar bebas melemparkan fitnah dan menggunakan kekuatan politik untuk menggilas musuh dari pahamnya, subhanaAllah.
Beruntung sekali kami berada di kalangan orang-orang yang dalam beragama tidak menggunakan bendera ormas tertentu, tidak ada seragam khusus bagi pengikutnya, tidak ada ketua dan pengurusnya, bahkan juga tidak ada kantor pusat dan cabangnya, karena kami diantara orang-orang yang bercita-cita mengikuti As Sunnah yang Sahhihah, identitas aslinya akan terlihat di kala hisab kelak, siapa yang mengikuti As Sunnah yang benar dialah Salaf sejati, identitas pengikut Salaf diukur dengan amal ibadah, bukan bendera, seragam atau kartu anggota, waallahua'lam.
Jadi ingat kajian para ustadz, seperti Ustadz Abu Zubari Haawary pernah menyampaikan sebuah hadist,

Rasulullah r bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Al-Imam Al-Bukhari dan Al-Imam Muslim dari shahabat Mua’wiyah dan Mughirah bin Syu’bah c, dan diriwayatkan Al-Imam Muslim dari shahabat Tsauban, Jabir bin Samurah, Jabir bin Abdillah, Sa’ad bin Abi Waqqash, dan Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash.
“Terus menerus ada sekelompok kecil dari umatku yang memperjuangkan kebenaran. Tidak akan memudharatkan mereka orang-orang yang berusaha menghinakan mereka sampai datang keputusan Allah dan mereka tetap dalam keadaan yang demikian itu.” (Shahih, HR. Muslim dengan lafadznya)
Ustadz mengatakan, " dalam hadist ini dengan jelas Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wassallam mengatakan bahwa orang-orang yang berada diatas kebenaran dan menyampaikannya akan selamat dari segala fitnah dan dari perbuatan orang-orang yang akan mencelakakan mereka. Maka jalan selamat satu satunya yakni dengan mempelajari ilmu syar'i dan mengamalkannya, waallahua'lam."
Dan dalam ilmu agama yang benar terlarang berpecah belah dengan membentuk ormas, partai politik dan firqoh, disampaikan oleh Allah Azza Wa Jalla dalam beberapa ayat diataranya Al Imran 103.
Maka kalau ada orang jahat yang mau bubarin Manhaj Salaf gimana caranya?, karena paham itu cita2, tertanam didalam dada, dan pihak manapun tidak akan dapat menjangkaunya kecuali Allah Azza Wa Jalla sendiri, sungguh benar Allah dan RasulNya, waallahua'lam.

No comments:

Post a Comment