Monday, February 19, 2018

KARENA TERLALU BANYAK PERTIMBANGAN AKHIRNYA GAK JADI SEDEKAH.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Benar kata Ustadz Ali Ahmad, kata beliau banyak Muslim di negri ini ketika akan sedekah mereka terlalu banyak pertimbangan, misal kalau ketika sedekah terus gak ikhlas gimana yaa? Apa diterima Allah Ta’ala? , kalau saya sedekah banyak dan terkuras dompet saya sementara saya juga butuh dana saat ini ntar gimana urusan saya ya?, dan banyak pertimbangan nanti begini dan begitu dan seterusnya, kemudian akhirnya gak jadi sedekah.
Akibatnya dana dari umat Muslim Indonesia yang sebesar 206 juta orang(survey BPS 2006) ini tidak dapat menjadi sarana untuk mendukung kegiatan dakwah agama Islam di Indonesia, seperti kita lihat faktanya, seperti dirilis MUI potensi zakat di Indonesia sebesar 200 trilyun, tapi yang terserap hingga tersalurkan kepada fakir miskin baru 3 trilyunan, juga seperti sulitnya membangun Musholla dan Masjid diberbagai daerah, sulitnya membangun pondok pesantren, sulitnya mendirikan MDA, sulitnya membuka kelas-kelas bacaan Al-Quran, dan banyak lagi, padahal jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar dimuka bumi dibandingkan dengan negara lainnya, yakni 13% Muslim dunia ada di Indonesia.
Bayangkan saja besarnya potensi kekuatan sedekah umat Muslim di Indonesia, misal dari 206 juta Muslim di Indonesia melakukan sedekah semua sebesar 1000 perak saja sehari, maka akan terkumpul sejumlah dana sebesar 206 milyar hanya dalam waktu satu hari, bagaimana jika mereka melakukan sedekah setiap hari?, maka akan terkumpul ratusan triliun setiap bulan, dan itu cukup untuk membangun ribuan Masjid dan Musholla, cukup untuk membiayai pondok pesantren secara gratis, cukup untuk memerangi pemurtadan yang terjadi diberbagai daerah, cukup untuk menyantuni anak yatim dan seterusnya.
Andai semangat bersedekah diantara umat Muslim kita tinggi, dan ada kesadaran bahwa sedekah adalah salah satu amalan mulia, adalah salah satu amalan penolong mereka kelak, insyaallah Islam di indonesia akan sangat kuat. Oleh karenanya perlunya kita selalu mengingatkan dan menyadarkan umat Muslim di Indonesia betapa pentingnya sedekah bagi agama ini, waallahua'lam.
Allah ta’ala berfirman,
وَمَا أَنفَقْتُم مِّن شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
“Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (QS. Saba’: 39)

No comments:

Post a Comment