Tuesday, February 6, 2018

CIRI ORANG YANG TIDAK BERBAHAGIA ADALAH BERSEDIH ATAS MASA LALU DAN MASA DEPANNYA.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Armen Halim Naro Lc Rahimahullah mengatakan, " salah satu penyebab seseorang tidak bahagia adalah, seseorang bersedih atas masa lalunya, misal ada seseorang yang meratapi sebuah transaksi bisnis besar yang hilang hanya disebabkan ban sepeda motornya terkena paku dijalan, padahal dia akan menemui seseorang untuk melakukan transaksi bisnis yang akan membuat bisnisnya meledak, dan akibatnya dia kehilangan kesempatan itu. Demikian juga penyebab seseorang tidak berbahagia dikarenakan kesedihan akan masa depannya, dia merasa cemas dan kuatir akan keadaan dimasa depan yang belum dilaluinya, dia takut kekurangan dan hidup dalam kemiskinan, dia takut sebuah musibah akan menimpanya dan keluarganya.
Sebaliknya ciri orang yang berbahagia adalah yang tidak sedih atas kejadian masa lalunya, dianggapnya kejadian buruk dimasa lalu adalah pelajaran baginya, dan juga tidak pernah kuatir akan masa depannya karena dia bertawakal kepada Allah Ta’ala, Waallahua'lam. "
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sungguh menakjubkan keadaan orang-orang yang beriman. Sesungguhnya seluruh keadaan orang yang beriman hanya akan mendatangkan kebaikan untuk dirinya. Demikian itu tidak pernah terjadi kecuali untuk orang-orang yang beriman. Jika dia mendapatkan kesenangan maka dia akan bersyukur dan hal tersebut merupakan kebaikan untuknya. Namun jika dia merasakan kesusahan maka dia akan bersabar dan hal tersebut merupakan kebaikan untuk dirinya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

No comments:

Post a Comment