Sunday, February 25, 2018

JANGAN BERI PELUANG SETAN UNTUK MENYESATKAN KITA.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Armen Halim Naro Lc Rahimahullah mengatakan, "taukah antum kenapa seseorang dapat berbuat maksiat?, penyebab utamanya karena mungkin dia memberi keleluasaan kepada setan menyesatkan dia, membiarkan setan mendorongnya kepada perbuatan maksiat, disebabkan ada ruang kosong ketika dimana seseorang tidak sibuk oleh hal yang baik, disanalah peluang setan terbuka lebar untuk melakukan tipu dayanya.
Maka jangan pernah membiarkan ruang kosong, jangan biarkan waktu terlewat dengan sia-sia, untuk itu sibukkan diri kita setiap saat dengan sesuatu yang mendatangkan mashlahat, sesuatu yang bermanfaat bagi kita didunia ataupun akhirat, seperti perbanyak dzikir mengagungkan asma Allah Ta’ala, perbanyak shalat Sunnah, seringlah datangi kajian ilmu, baca kitab dan buku, lakukan sedekah, bantu teman dan tetangga, dan seterusnya.
Dengan kita selalu sibuk dengan amal ibadah insyaallah sangat kecil peluang setan menjerumuskan kita dalam perbuatan-perbuatan maksiat. Waallahua'lam. "
Tekad setan untuk setiap saat menyesatkan manusia tersebut dalam ayat berikut ini,
قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ﴿١٦﴾ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ
Iblis menjawab, ‘Karena Engkau telah menghukumku tersesat, maka saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan-Mu yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur. [Al-A’râf/7:16-17]

No comments:

Post a Comment