Saturday, March 17, 2018

PROSES PANJANG DALAM DAKWAH


Oleh Siswo Kusyudhanto
Siang ini dikirimi beberapa foto kegiatan para warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Sarolangun Jambi oleh para ustadz disana, dan mereka sampaikan bahwa peminat kelas bacaan Al-Quran di Lembaga Pemasyarakatan Sarolangun Jambi sangat luar biasa dikalangan warga binaan, sampai saat ini tercatat peserta ada sekitar 60 orang, padahal kelas ini awalnya diizinkan oleh pihak Lapas dibatasi hanya sekitar 15 orang.
Melihat hal ini jadi terharu, masih teringat ketika kami akan mengadakan kelas bacaan Al-Quran ini disana, sempat ada kecurigaan dari pihak yang berwenang disana karena yang menyampaikan hal ini adalah orang-orang yang jenggotan dan celana cingkrang, bahkan ada pernyataan miring, "nanti para warga binaan ini(napi) kalian ajari bikin bom dan jadi teroris semua", subhanaallah. Namun kami berusaha memberikan informasi yang benar, bahwa kami hanya mengajak teman-teman warga binaan memperbagus bacaan Al-Quran dan juga amal ibadah saja.
Setelah melalui proses lama akhirnya kegiatan kami diijinkan oleh pihak yang berwenang disana, kelas pertama hanya diikuti oleh 10 orang, setelah berjalan beberapa bulan mulai bertambah terus pesertanya dan saat ini sudah mencapai 60 orang, MasyaAllah.
Dan banyak perubahan yang positif terjadi pada warga binaan yang mengikuti kelas bacaan kami, mereka jadi serius dalam amal ibadah dan mudah mengikuti instruksi dan peraturan yang ada didalam Lembaga Pemasyarakatan tersebut, oleh sebab itu saat ini justru komponen dari pihak lapas mendukung penuh kegiatan ini, bahkan justru meminta kepada para pengajar untuk menambah kelas bacaan Al-Quran.
Pelajaran yang dapat dipetik dari kisah diatas adalah, dakwah agar ada hasilnya dikemudian hari perlu proses yang panjang, butuh strategi jitu, harus memaksimalkan sumber daya yang ada, sabar dan jangan lupa berdoa, karena hanya Allah Ta'ala saja yang mampu mendatangkan kemudahan sekaligus kesulitan, waallahua'lam.
Bagi teman-teman yang berminat sedekah Mushaf atau lainnya dapat menghubungi saya di Nomer WA 081378517454, atas dukungan doa dan meteriilnya kami sampaikan banyak terima kasih, jazakumullahu khairan.

No comments:

Post a Comment