Wednesday, March 28, 2018

KEMBALI KE TITIK NOL



Oleh Siswo Kusyudhanto 

Benar kata Ustadz Armen Halim Naro Lc.Rahimahullah. jika ingin melembutkan hati kita datangi orang-orang yang ditimpa kesusahan, seperti datang ke rumah yatim piatu, panti jompo, dan kuburan, kita akan menyaksikan banyak orang disekeliling kita sedang dalam keadaan lemah dan sudah mati, dengan sendirinya kita seperti kembali ke titik NOL, tiba-tiba runtuh semua kesombongan kita, hilang sudah ke"AKU"an kita melihat penderitaan orang-orang itu, dan berganti dengan rasa syukur kepada Allah Ta'ala atas nikmat yang diberikan kepada kita, bersyukur keadaan kita lebih baik dari sebagian orang lain, dan jadi ikut peduli kepada orang yang menderita dengan berusaha membantunya, insyaAllah.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dia berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ.

Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allâh yang telah dianugerahkan kepada kalian.”

TAKHRIJ HADITS:
Hadits ini Shahih, diriwayatkan oleh al-Bukhâri (no. 6490); Muslim (no. 2963 (9)), dan ini lafazhnya; At-Tirmidzi (no. 2513); Dan Ibnu Majah (no. 4142).

Sumber referensi almanhaj.or.i

No comments:

Post a Comment