Friday, March 9, 2018

BAGAIMANA SIH CARA KERJA BANK KONVENSIONAL?



Oleh Siswo Kusyudhanto

Banyak orang awam tidak mengerti bagaimana bank bekerja dan mengambil untung, akhirnya mereka tidak paham riba dari transaksi di bank.
Ini saya ceritakan karena dulu saya terlibat langsung di bank, karena pernah bekerja disana sebagai super visor marketing atau officer kredit, semoga manfaat.
Bank itu simpelnya kegiatan cuma oper operan uang aja, gak bekerja, yang bekerja adalah orang yang nyimpan uang dan meminjam uang. Bunga dari Bank Indonesia misal 11%, namanya BI rate, atau Bunga BI, bunga ini berlaku kepada semua bank pengambil dana. Kemudian ini dijual oleh bank konvensional ke peminjam dalam bentuk pinjaman dana sampai kartu kredit, besarnya bunga pinjaman sebesar 26%, jadi bank untung15%, sementara penyimpan uang kebank itu cuma dikasih 5%, banyak untung yang didapat oleh bank Tampa ada resiko sedikitpun, sementara orang lain bekerja mati-matian agar dapat membayar pinjamannya agar segera lunas, padahal jelas sangat sulit lunas karena bunga berbunga seiring waktu. Waallahua'lam.

No comments:

Post a Comment