Tuesday, October 24, 2017

Membenci keberadaan anak perempuan adalah salah satu sifat kaum jahiliyah.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Disebagian kelompok masyarakat di Indonesia ada adat dimana nama marga dan semacamnya dibawa oleh anak lelaki, oleh karenanya banyak orang beranggapan bahwa punya anak lelaki jauh lebih baik daripada memilik anak perempuan. Ketahuilah bahwa sifat seperti ini adalah salah satu sifat yang diperangi oleh Islam, dahulu dijaman jahiliyah memiliki anak perempuan dianggap aib, bahkan sampai ada kebiasaan dikalangan kaum jahiliyah untuk membunuh bayi perempuan dengan cara dikubur atau dimasukkan kedalam sumur mati, subhanaallah. Kemudian Islam datang meluruskan pemahaman tentang hal ini, anak perempuan dimuliakan dalam syariat Islam, dan haknya setara dengan anak lelaki dalam hak hidup, dirawat dan dididik, waallahua'lam.
--------------
Sikap seperti ini adalah bentuk meniru-niru adat jahiliyah
Allah berfirman :
وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُمْ بِالأنْثَى ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ (٥٨)يَتَوَارَى مِنَ الْقَوْمِ مِنْ سُوءِ مَا بُشِّرَ بِهِ أَيُمْسِكُهُ عَلَى هُونٍ أَمْ يَدُسُّهُ فِي التُّرَابِ أَلا سَاءَ مَا يَحْكُمُونَ
"Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan Dia sangat marah. Ia Menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah Dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup) ?. ketahuilah, Alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu" (QS An-Nahl : 58-59)
Merupakan perkara yang sangat menyedihkan dan memilukan adalah adanya sebagian suami yang sampai mengancam istrinya dengan berkata, "Jika kamu tidak bisa melahirkan anak lelaki maka kamu akan saya ceraikan !!!"
Jadilah sang perempuan tatkala hamil penuh dengan kecemasan….bahkan penuh dengan ketakutan…jika ternyata ia melahirkan anak perempuan lagi maka akan sirnalah kebahagiaan yang selama ini ia dambakan bersama suaminya.
Di zaman sekarang ini sering pula perubahan sikap suami telah dirasakan oleh sang istri jauh sebelum kelahiran, yaitu tatkala jenis kelamin janin telah diketahui jauh sebelum waktu kelahiran dengan menggunakan USG. Jika setelah melewati proses USG nampak janin berkelamin laki-laki maka sungguh bergembira sang suami. Akan tetapi yang jadi masalah jika USG menunjukkan bahwa jenis kelamin sang janin adalah perempuan…maka akan berubahlah reaksi dan sikap sang suami. Perhatiannya terhadap sang istri menjadi kurang…kebutuhan sang istri kurang terpenuhi…kebutuhan persiapan kelahiran pun kurang diperhatikan. Inilah sisa-sisa dari adat jahiliyah yang masih ada di umat ini…
Referensi "Keutamaan anak Perempuan" oleh Ustadz Firanda Adirja, di Firanda. Co

No comments:

Post a Comment