Sunday, October 29, 2017

Betapa buruknya akhlak pelaku RIBA!


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri MA. mengatakan, "Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wassalam menyebutkan dalam sebuah hadist bahwa seseorang yang berbuat riba paling ringan setara dengan perbuatan zina kepada ibu kandungnya sendiri, maka dapat kita bayangkan betapa buruk dan bejatnya akhlak seorang lelaki yang mampu berbuat zina dengan ibu kandungnya sendiri. Padahal sejahat-jahatnya seorang lelaki dipermukaan bumi ini tidak ada satupun diantara mereka mau melakukan perbuatan zina dengan ibunya sendiri. Maka jauhi perbuatan riba sekecil apapun juga. "
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Bersabda,
الرِبَا ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُوْنَ بَابًا أيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ الرُّجُلُ أُمَّهُ وَإِنْ أَرْبَى الرِّبَا عِرْضُ الرَّجُلِ الْمُسْلِمِ
“Riba Itu Ada 73 Pintu (Dosa). Yang Paling Ringan Adalah Semisal Dosa Seseorang Yang Menzinai Ibu Kandungnya Sendiri. Sedangkan Riba Yang Paling Besar Adalah Apabila Seseorang Melanggar Kehormatan Saudaranya.”
(HR. Al Hakim Dan Al Baihaqi Dalam Syu’abul Iman Syaikh Al Albani Mengatakan Bahwa Hadits Ini Shahih Dilihat Dari Jalur Lainnya)

No comments:

Post a Comment