Tuesday, March 5, 2019

PERHATIKAN TEMANMU SIAPA ?


Oleh Siswo Kusyudhanto
Siang ini bertemu Ustadz Firdaus dan kami berbincang tentang beberapa hal, dan juga saya sampaikan beberapa hal yang sudah saya lakukan seperti kelas bacaan Al-Qur'an jarak jauh atau streaming antara guru tahsin dengan kelompok belajar anak di Amerika Serikat, dan alhamdulillah bertambah murid di sana, ada anak keturunan Pakistan di Amerika Serikat yang belajar juga secara streaming, dan dari hal tersebut saya punya ide untuk membuka kelas jarak jauh dengan negara-negara lain seperti Korea, Taiwan, Hongkong, Malaysia dan Singapura dengan dibebankan biaya bagi peserta yang nantinya hasil dari kelas ini akan digunakan untuk penyedian mushaf guna menutup kebutuhan kelas-kelas bacaan Al-Qur'an di Indonesia, namun ustadz menyarankan agar gratis saja, karena menyangkut keikhlasan pengajar dan si penuntut ilmu dan insyaAllah kata beliau ini jauh lebih baik. Alhamdulillah, dapat nasehat emas dari beliau.
Baru sadar manfaat mendapat teman2 seperti Ustadz Firdaus dan ustadz -ustadz lainnya, dari mereka saya dapat banyak nasehat dan ilmu.
Tiba-tiba jadi merasa bersyukur sekali saya terlibat dalam sibuknya kegiatan dakwah seperti ini,. banyak manfaat dan ilmu, lalu saya berandai-andai, andai saja saya masih terjebak dalam pergaulan dengan teman-teman lama yang suka nongkrong di mal atau kedai kopi mungkin ilmunya yang saya dapatkan ilmu nongkrong dan ilmu ngopi, waalahua'lam.
Jadi teringat perkataan Ustadz Armen Halim Naro Rahimahullah pentingnya mencari teman yang baik, yakni teman yang selalu mengingatkan kita kepada Allah Ta'ala, dan teman yang mendukung kita dalam istiqomah beramal ibadah, oleh karenanya sangat perlu diperhatikan siapa teman kita, karena teman kita menentukan bagaimana keadaan kita, waalahua'lam.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ
Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman
[HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378. (ash-Shahîhah no. 927)]
Sumber referensi, " Pergaulan adalah cerminan siapa anda", karya Ustadz Abu Ahmad Sa'id Yai di almanhaj.or

No comments:

Post a Comment