Sunday, March 24, 2019

GIMANA ALLAH TA'ALA MAU RIDHO/MEMBERI RAHMAT ???


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dulu saya sempat ikut sebuah firqoh, ada salah satu teman dikumpulan itu tidak pernah shalat, tidak pernah puasa dan juga tidak beramal ibadah lainnya, dia berlaku demikian karena memahami bahwa seseorang masuk surga bukan karena banyaknya amal ibadah tetapi seseorang masuk surga karena ridho Allah Ta'ala, maka sejak itu dia hanya berdoa mengharap ridho Allah Ta'ala saja.
Dalam sebuah kajian seorang ustadz pernah ditanya soal ini, "Ustadz apakah benar kita masuk surga bukan karena amal ibadah kita? Seperti shalat, puasa, sedekah dan amalan lainnya, tapi hanya karena ridho/rahmat Allah Ta'ala saja kita masuk surga?".
Ustadz menjawab, " itu benar, kita masuk surga karena ridho/Rahmat Allah Ta'ala saja', nampak si jama'ah kaget mendengar jawaban ustadz, dalam hati mungkin dia berkata, lalu ngapain kita shalat, puasa, sedekah dan seterusnya kalau itu bukan menjadi sebab masuk surga?.
Lalu Ustadz melanjutkan, " masalahnya bagaimana Allah Ta'ala ridho kepada kita masuk surga jika kita tidak melakukan shalat, tidak puasa, tidak sedekah dan tidak melakukan amal ibadah lainnya?, Tentu Allah Ta'ala ridho terhadap kita karena sebab amal ibadah yang kita lakukan.
Dan mustahil Allah Ta'ala ridho kepada kita masuk surga jika dalam kehidupan kita dipenuhi perbuatan kemaksiatan, kebid'ahan dan kesyirikan?".
Jamaah itu mulai paham maksudnya Allah Ta'ala ridho kepada kita dan menjadikan seseorang masuk surga.
Waalahua'lam.
Baru paham teman saya dulu itu ternyata gagal paham.
Dalam hadis Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhu disebutkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,
لَا يُدْخِلُ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ، وَلَا يُجِيرُهُ مِنَ النَّارِ، وَلَا أَنَا إِلَّا بِرَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ
“Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukkannya ke dalam surga, dan menyelematkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah” (HR. Muslim no. 2817).
Sumber Referensi muslim.or

No comments:

Post a Comment