Thursday, March 28, 2019

GARA-GARA BERAMAL MODAL IKUT IKUTAN


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Ali Ahmad bin Umar menyebutkan pentingnya mempelajari ilmu agama, karena dengan berilmu kita mengetahui cara beramal yang benar sesuai syariat Allah dan RasulNya, dan jangan beramal hanya dengan melihat yang dilakukan orang lain, karena bisa jadi contoh itu salah atau keliru ketika kita salah memahaminya.
Dikisahkan beliau Ustadz Ali Ahmad bin Umar sedang memimpin jamaah umroh dan sedang melakukan thawaf di sekitar Ka'bah, dan kebetulan beliau selaku pimpinan rombongan terpisah dengan rombongannya yang berjumlah puluhan orang.
Karena ustadz tubuhnya kecil dan beliau sedang dikelilingi jamaah umroh dari rombongan lain dari beberapa negara seperti Afghanistan dan Pakistan yang orangnya tingi secara fisik maka tentu ustadz sulit mencari rombongannya, lalu kemudian ustadz berinisatif meloncat-loncat untuk dapat melihat dan mengetahui dimana rombongannya berada.
Ketika ustadz sedang meloncat-loncat nampak oleh sebagian anggota rombongan umroh yang terpisah, lalu mereka berkata "lihat itu ustadz sedang thawaf sambil meloncat-loncat, mari kita lakukan dengan meloncat juga", mendengar temannya berkata demikian maka satu rombongan umroh melakukan thawaf dengan cara meloncat-loncat, karena mereka mengira thawaf yang benar dilakukan dengan cara demikian, subhanaAllah.
Semoga kisah nyata ini menjadi inspirasi kita semua, betapa pentingnya ilmu sebelum melakukan sebuah amalan.
Allah Ta’ala berfirman
هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الألْبَابِ
“Apakah sama antara orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu? Sesungguhnya hanya orang yang berakallah yang bisa mengambil pelajaran.” (QS. Az-Zumar: 9)

No comments:

Post a Comment