Sunday, March 24, 2019

ILMU MEMUDAHKAN SESEORANG MASUK KEDALAM SURGA



Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian seorang ustadz menyebutkan, seseorang yang menuntut ilmu akan dimudahkan baginya jalan menuju surga, ilmu yang di maksud tentu adalah ilmu agama, maka wajib bagi setiap Muslim untuk menuntut ilmu agama, dengan ilmu memudahkan kita masuk kedalam surga, dan batasnya menuntut ilmu agama hanya liang lahat(umur kita).
Jika kita akan membangun sebuah gedung bertingkat yang besar tentu kita perlu ilmu yang cukup untuk dapat membangunnya, kita harus mengetahui beapa besar besi rangkanya, berapa ukuran besi yang cukup kuat untuk menopang bangunan, bagaimana pondasinya yang kuat sesuai dengan kontur tanah dan mampu meopang beratnya bangunan yang akan kita bangun.
Dengan ilmu dan perhitungan yang cukup matang itu merupakan usaha kita agar bangunan yang dibangun dikemudian cukup kokoh dan aman bagi orang yang menggunakan bangunan itu untuk keperluan mereka seperti bekerja dan tinggal didalamnya dalam waktu lama.
Andai seseorang membangun sebuah gedung bertingkat yang besar, sementara belum cukup ilmu dan perhitungan matang pada dirinya dan memaksakan diri membangun' sebuah gedung bertingkat, apa yang terjadi?, Mungkin dia keliru ketika menggunakan besar dan bentuk pondasi bangunan, mungkin juga dia salah menggunakan besi yang digunakan sebagai rangka bangunan, harusnya ukuran 12 namun dia menggunakan ukuran 8, atau di juga salah dalam mencampur semen dengan pasir, harusnya campurannya 1 bagian semen diaduk dengan 2 bagian pasir, namun karena tidak berilmu dia campur 1 bagian semen dengan 5 bagian pasir.
Dan banyak kesalahan serta kekeliruan ketika dia membangun gedung itu disebabkan kebodohan dan salah perhitungan yang dilakukannya.
Pastilah ketika gedung itu berdiri tidak akan kokoh dan juga tidak aman bagi para penggunanya, bisa jadi tidak perlu gempa bumi untuk menghancurkan bangunan itu, mungkin hanya terkena angin kencang saja bangunan itu akan roboh.
Jika dalam membangun rumah dan gedung didunia ini perlu ilmu dan perhitungan yang matang dan tidak boleh sembarangan, apalagi untuk membangun rumah di surga?, Pasti lebih butuh lagi ilmu dan perhitungan yang matang dan tidak boleh sembarangan.
Dengan ilmu agama seseorang dimudahkan jalan ke surga, karena dengan ilmu agama yang cukup dia akan mengetahui mana jalan ke neraka dan mana jalan menuju surga.
Seseorang yang berilmu akan mengetahui bentuk-bentuk maksiat, kebid'ahan dan kesyirikan yang sepatutnya dia hindari dan tinggalkan.
Seseorang yang berilmu juga akan mengetahui bagaimana menTauhidkan Allah Ta'ala, bagaimana cara iitiba'(mengikuti) jalan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam, yakni mengikuti amalan-amalan Sunnah.
Seseorang yang berilmu juga lebih mengetahui bagaimana cara Istiqomah dalam beramal ibadah.
Dan seterusnya.
Bayangkan betapa buruknya jika dalam beragama seseorang tidak memiliki ilmu, bisa jadi dalam beramal ibadah ternyata bercampur dengan kemaksiatan, kebid'ahan dan kesyirikan disebabkan ketidak tahuan pada dirinya, dia tidak tau bahwa yang diamalkan justru membuat terancam menjadi penduduk neraka,
Waalahua'lam.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)
Sumber Referensi "Menuntut ilmu jalan cepat menuju surga", karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal Msc di web rumoysho.c

No comments:

Post a Comment