Thursday, March 28, 2019

KEKUATAN UMAT ISLAM SEBENARNYA ADALAH JUMLAH JAMAAH SHALAT SUBUH


Oleh Siswo Kusyudhanto.
Dalam sebuah kajian seorang ustadz berkata, " kalau antum ingin tau kekuatan Umat Islam yang sebenarnya jangan lihat ketika mereka sedang berdemo, atau ketika mereka sedang melakukan shalat Ied, atau juga jangan lihat ketika mereka sedang shalat di hari Jum'at, namun lihat ketika mereka melakukan shalat subuh berjamaah, kenapa demikian?, Karena shalat subuh adalah amalan paling berat bagi mereka yang terjangkiti penyakit munafik, hanya orang yang menjaga ketaatan kepada Allah Ta'ala saja yang mampu melakukan shalat subuh secara berjamaah, dan butuh keikhlasan yang cukup dalam melakukannya.
Shalat subuh dilakukan ketika dipagi hari, maka untuk semangat bangun pagi dan kemudian melangkah menuju ke masjid dalam kegelapan pagi hari menunjukkan mereka tidak perlu pujian orang atas amalan shalat subuh mereka.
Semoga kita termasuk orang-orang yang semangat dalam melakukan shalat subuh secara berjamaah, aamiin.
Allah Ta’ala berfirman,
أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا
“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا
“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)
Sumber Referensi"Keutamaan Shalat Subuh", karya Wiwit Hadi Priyanto di muslim or

No comments:

Post a Comment