Wednesday, January 9, 2019

WANITA SHOLEHAH ITU BIKIN HIDUP NYAMAN


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ada seorang teman yang masih bujangan mengatakan bahwa bercita-cita punya istri cantik, lalu saya katakan bahwa tidak jaminan istri cantik bikin hidup kita nyaman, yang benar itu istri Sholehah baru bikin hidup kita nyaman.
Karena kalau Sholehah pasti taat kepada suaminya, sebaliknya yang tidak sholehah pasti suka membantah suaminya.
Kalau Sholehah pasti rumah sangat terawat karena dia banyak tinggal didalam rumah daripada diluar rumah.
Kalau Sholehah pasti jika keluar rumah selalu menjaga auratnya dengan berhijab syar'i.
Kalau sholehah pasti terjaga amal ibadahnya, seperti sholat dengan tertib, rajin membaca Al-Qur'an, rajin ikut kajian, dan seterusnya.
Kalau Sholehah pasti menjaga pergaulan dengan yang bukan mahramnya.
Kalau sholehah pasti dia sangat malu jika perbuatan dirinya menjatuhkan kehormatan dirinya juga suaminya, dengan demikian dia menjauhi perbuatan yang mengarah kesana.
Kalau Sholehah pasti mampu mendidik anak-anaknya menjadi anak Sholeh dan Sholehah juga.
Kalau Sholehah pasti ketika kita sebagai suami tinggal dirumah terasa sangat lapang rumah itu meskipun sebenarnya mungkin sempit dari segi fisik rumah.
Dan banyak lagi keutamaan dari wanita Sholehah, dan InsyaAllah itu semua membuat hidup kita nyaman di dunia dan akhirat.
Waalahua'lam.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memerintahkan seorang pria untuk memilih perempuan yang baik agamanya. Beliau bersabda,
تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ
“Perempuan itu dinikahi karena empat faktor yaitu agama, martabat, harta dan kecantikannya. Pilihlah perempuan yang baik agamanya. Jika tidak, niscaya engkau akan menjadi orang yang merugi”.
[. Bukhari no. 5090 dan Muslim no. 1446, dari Abu Hurairah.]
Sumber Referensi, "Keutamaan Wanita Sholehah", karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal Msc. Di rumoysho.c

No comments:

Post a Comment