Monday, January 7, 2019

PELAJARAN DARI SEPIRING MAKANAN


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ada nasehat seorang ustadz yang selalu saya coba-coba ingat setiap kali makan, beliau mengatakan, kegiatan kita yang sering lakukan diantara adalah makan, kebanyakan seseorang diantara kita makan hanya sekedar melampiaskan syahwat laparnya saja tanpa mengambil pelajaran dari nikmat makan.
Padahal andai seseorang ketika makan dia mengingat rahmat Allah Azza wa Jalla dalam makanannya, insyaAllah dia makin memperbagus tauhidnya, dan makin menjadikan dirinya selalu bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla atas makanan itu.
Jika seseorang dalam piringnya ada nasi maka dia akan membayangkan bagaimana nasi itu dari butir beras yang ditumbuhkan oleh Allah Azza wa Jalla dengan cara ditanam di tanah yang merupakan ciptaan Allah Azza wa Jalla, diairi dari hujan ciptaan Allah Azza wa Jalla, disinari dengan matahari yang juga diciptakan oleh Allah Azza wa, sampai akhirnya sampai diatas piringnya.
Atau jika diatas piringnya ada ikan, dia akan bayangkan bagaimana ikan itu berkembang biak atas ijin Allah Azza Wa Jalla dilautan, ikan itu makan dari makanan yang ada dasar lautan yang semuanya itu ciptaan Allah Azza wa Jalla, sampai pada akhirnya ikan itu ada diatas piringnya.
Dan apapun menu makanan yang dia makan ditemuinya semua berasal dari Allah Azza wa Jalla, tak ada satupun makanan yang tidak berasal dari Dia, dengan keyakinan demikian menjadikan dia memuji atas semua ciptaan Allah Azza wa Jalla dan menjadikan dia terus berdzikir menyebutkan kebesaran Asma Allah Azza wa Jalla.
Pada akhirnya dia menjadi pribadi yang selalu patuh dan taat kepada Allah Azza wa Jalla, karena semua nikmat yang dia dapatkan semua berasal dari Allah Azza wa Jalla, ketergantungan kepada Allah Azza wa Jalla bertambah besar, dan makin sadar dirinya bukan apa-apa tanpa Rahmat Allah Azza wa Jalla,
Waalahua'lam.
Allah berfirman :
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا
“Dan jika kalian menghitung nikmat Allah maka kamu tidak akan dapat menghitungnya [Ibrahim/14 : 34]
Allah Ta’ala berfirman :
كَذَٰلِكَ كُنْتُمْ مِنْ قَبْلُ فَمَنَّ اللَّهُ عَلَيْكُمْ فَتَبَيَّنُوا
“Begitu jugalah keadaanmu dahulu, lalu Allah memberimu nikmat maka telitilah” [An-Nisa/4 : 94]
Sumber Referensi dari web muslim.or
Foto "Sup Alpukat Udang", American Food, from someone in United Stated of America

No comments:

Post a Comment