Sunday, January 6, 2019

APA YANG KITA PERDAGANGKAN DENGAN ALLAH AZZA WA JALLA ???



Oleh Siswo Kusyudhanto

Dalam sebuah kajian Ustadz Ali Ahmad bin Umar mengumpamakan amal ibadah kita seperti barang dagangan, dan itu kita gunakan untuk berdagang dengan Allah Azza Wa Jalla, kita menukar amal ibadah kita dengan kebahagiaan di dunia dan juga akhirat yang ditawarkan Allah Azza Wa Jalla.

Kata beliau kadang ada seseorang punya barang dagangan yang bagus, dia memiliki amal ibadah yang bagus, terjaga dia untuk istiqomah diatas ketaatan kepada Allah Azza Wa Jalla, berada diatas apa-apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya dan menjauhi segala larangan Allah dan RasulNya, sungguh rugi jika barang dagangan kita ternyata sangat sedikit, bahkan ada kalanya juga ada seseorang hampir tidak punya barang dagangan sama sekali bahkan yang busuk diapun tidak punya.
Waalahua'lam.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ. تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ. يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di surga ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS. ash-Shaff: 10-12).

No comments:

Post a Comment