Friday, January 18, 2019

HIDAYAH ITU DIMINTA BUKAN DITUNGGU




Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Firanda Adirja mengisahkan perjalanannya mengenal Sunnah, dulu di Papua beliau hanya mengenal beberapa paham kelompok Islam, namun ketika kuliah di Yogyakarta beliau temui banyak kelompok Islam jauh lebih banyak dari yang diketahui, dalam proses pencarian paham Islam yang benar beliau selalu berdoa mohon Hidayah kepada Allah Azza wa Jalla ditunjukkan pemahaman Islam yang benar, pada akhirnya beliau hatinya yakin bahwa Manhaj Salaf sebaik-baik pemahaman dalam Islam, dan di akhir sesi itu beliau berpesan untuk tidak berhenti berdoa memohon kepada Allah Azza wa Jalla untuk diberikan hidayah.
Dalam video kesaksian DR. Laurence Brown, seorang bule Amerika menyampaikan kesaksian yang hampir sama, saat itu beliau berpaham atheisme dan pada suatu hari anak kedua lahir dalam keadaan tidak normal, seluruh tubuhnya biru, dan para dokter menyatakan sangat kecil kemungkinan untuk hidup, indikator jantung sudah menunjukkan sedikit garis naik, dan banyak lurusnya menandakan jantung si bayi tinggal menunggu berhenti saja.
Dalam keadaan demikian dia masuk sebuah rumah sembahyang yang ternyata adalah musholla kecil untuk para pemeluk Islam shalat, dan diruangan itu dia berdoa, " Ya Tuhan jika engkau benar-benar ada, tolong anakku, jika Engkau kabulkan permintaan aku ini maka aku akan mengikuti agama yang paling Engkau sukai", setelah itu beliau keluar ruangan melihat bayinya, dan seketika grafik indikator jantung si bayi tiba-tiba naik dan kemudian normal, para dokter sampai heran melihat fenomena ini.
Setelah beberapa waktu berjalan Dr. Laurence Brown mempelajari semua agama yang ada dikenal di Amerika, mulai Yahudi, Kristen ortodoks, Hindu, Budha, dst. Setelah dua tahun mencari pemahaman agama yang benar dan selalu menemukan keganjilan pada agama-agama yang dipelajari sampailah dia kepada agama yang jadi pilihan terakhir yakni Agama Islam, dengan belajar Al Islam dia menemukan kebenaran, tidak ada pertentangan antar ayat atau hadist Sahhih. Setelah belajar Islam dengan tekun pada akhirnya beliau memutuskan bersyahadat.
Pesan beliau teruslah meminta kepada Tuhan untuk ditunjukkan jalan yang lurus, karena kita sebagai manusia sebenarnya hidup dalam ketidaktahuan, dan tidak tau arah.
MasyaAllah inspiratif.
Allâh Subahnahu wa Ta’ala berfirman :
وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ
Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allâh beserta orang-orang yang berbuat baik. [Al-‘Ankabût/29:69]

No comments:

Post a Comment