Monday, January 28, 2019

PENGEN SELAMAT CUMA MODAL AKAL ?


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ngeri lihat video ada seorang budayawan ngomong soal agama lalu mengatakan "agama itu pakai akal, yang di Al-Qur'an dan Hadist itu cuma yang tersurat, sementara Allah suruh kita cari yang tersirat dengan akal kita", dan perkataan itu dengar banyak orang yang awam soal ini, subhanAllah. Bagaimana caranya selamat hanya dengan modal akal?.
Jadi teringat perkataan seorang ustadz kajian Sunnah, beliau mengatakan, " dahulu kala para nelayan jika berada ditengah lautan dan tidak tau arah maka mereka melihat gugusan bintang di langit untuk mengetahui posisi mereka dan arah mana yang akan mereka tempuh, dengan perkembangan teknologi saat ini nelayan dapat menggunakan kompas bahkan juga GPS untuk dapat mengetahui posisi mereka dan arah haluan kapal.
Begitu pentingnya petunjuk dalam urusan mencari ikan bagi para nelayan, namun jauh lebih penting lagi yakni petunjuk kehidupan, dan petunjuk yang hak adalah Al-Qur'an dan Sunnah (Hadist), bahkan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam menjamin siapa saja yang berpegang teguh kepada keduanya, yakni menggunakan keduanya untuk petunjuk bagi kehidupan didunia dan juga akhiratnya tidak akan dia tersesat.
Karena dengan petunjuk dalam Al-Qur'an dan Hadist kita dapat mengetahui mana yang hak dan yang bathil, mana Tauhid dan mana Syirik, mana Sunnah dan mana Bid'ah, mana muamalah yang halal dan mana yang riba, dan seterusnya, waalahua'lam."
Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ
Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya. (Hadits Shahih Lighairihi, H.R. Malik; al-Hakim, al-Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm. Dishahihkan oleh Syaikh Salim al-Hilali di dalam At Ta’zhim wal Minnah fil Intisharis Sunnah, hlm. 12-13)
Sumber Referensi,"Kaidah Penting Memahami Al-Qur'an", oleh Ustadz Muslim Atsyari di Muslim.or

No comments:

Post a Comment