Wednesday, January 9, 2019

BISA JADI KITA LEBIH BURUK DARI MEREKA


Oleh Siswo Kusyudhanto
Kemarin siang saya mengirim buku-buku saku sumbangan para donatur ke kelas bacaan Al-Qur'an binaan kami di sebuah Lembaga pemasyarakatan, guna menjadi bacaan mereka, yang InsyaAllah menjadi modal ilmu bagi warga binaan(napi) untuk memperbaiki diri mereka.
Terima kasih kepada para donatur yang telah membantu kami dalam usaha dakwah ini, semoga menjadi catatan pahala disisi Allah Azza wa Jalla, Aamiin.
Selalu terharu jika mengirim buku kesana, sebab nya selain gembira dapat membantu mereka memperbaiki diri dalam perkara agama, namun disisi lain juga merasa bahwa mungkin mereka lebih baik dari kita soal keinginan berubah ke arah yang lebih baik, atau bahkan juga dimata Allah Azza wa Jalla mungkin mereka lebih baik dari kita, kenapa demikian?.
Misalkan saja jika seperti saya punya pengalaman pernah bekerja di sebuah bank yang mempraktekkan riba, seperti kita ketahui disebutkan dalam sebuah hadist bahwa riba paling ringan setara berzina 36 kali, kalau dihitung secara syariat maka kejahatan yang pernah saya lakukan jauh lebih buruk dari pemerkosa yang saat ini tinggal di penjara yang mungkin melakukan pemerkosaan cuma sekali dan diproses hukum.
Secara fisik memang saya tidak dihukum dan masuk penjara namun soal ancaman azab dari Allah Azza wa Jalla mungkin jauh lebih besar beratnya karena dulu saya pernah bekerja di bank yang mempraktekkan riba2 besar, seperti kredit riba, tabungan riba dan seterusnya, astaghfirulloh.
Sungguh benar nasehat seorang ustadz, beliau mengatakan jangan sekali-kali merasa sudah selamat dari azab Allah Azza wa Jalla, bisa saja terjadi rasa aman pada diri kita akan azab dari Allah Azza wa Jalla hasil fitnah setan yang dihembuskan dihati kita, pada akhirnya karena merasa aman kita berada terus menerus dalam perbuatan maksiat yang tidak pernah kita sadari. Waalahua'lam.
Subhanallah.
Semoga dijauhkan dari sifat merasa aman dari azab Allah Azza wa Jalla, aamiin.
Allah Ta’ala berfirman,
أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ
“Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf: 99).
Sumber Referensi rumoysho.c

No comments:

Post a Comment