Saturday, December 9, 2017

SUDAH PAKAI HIJAB DAN BERCADAR SAJA MASIH DILIHATIN, GIMANA KALAU GAK PAKAI ITU?


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Abu Haidar As Sundawy mengatakan, "memang sudah menjadi fitrahnya kalau wanita menjadi perhatian para lelaki, lihat saja kalau ada wanita sudah berhijab syar'i, pakai cadar pasti ada mata lelaki yang mengamatinya hingga hilang dari pandangan, padahal yang terlihat matanya saja dari si wanita. Sedang bentuk tubuhnya atau aurat lainnya sudah tertutup.
Kenapa wanita menjadi perhatian kaum lelaki meskipun berhijab syar'i dan bercadar?, hal ini terjadi karena setan menghiasi setiap wanita ketika mereka keluar rumah.
Bagaimana dengan wanita yang ketika keluar rumah tidak memakai hijab syar'i dan bercadar?, tentu perhatian lelaki makin besar kepadanya, dan dapat menjadi fitnah syahwat bagi lelaki yang melihatnya, dan ini dapat menjadi dosa bagi si wanita dan sekaligus lelaki bukan mahram yang melihatnya, waallahua'lam. "
Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
اَلْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ ، وَإِنَّهَا إِذَا خَرَجَتْ مِنْ بَيْتِهَا اِسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ، وَإِنَّهَا لاَتَكُوْنُ أَقْرَبَ إِلَى اللهِ مِنْهَا فِيْ قَعْرِ بَيْتِهَا
Wanita itu aurat, jika ia keluar dari rumahnya maka setan mengikutinya. Dan tidaklah ia lebih dekat kepada Allâh (ketika shalat) melainkan di dalam rumahnya
TAKHRIJ HADITS:
Hadits ini shahih. Diriwayatkan oleh :
1. at-Thabrani dalam al-Mu’jamul Ausâth, no. 2911 dari Shahabat Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma
2. at-Tirmidzi, no. 1173
3. Ibnu Khuzaimah, no. 1685, 1686
4. Ibnu Hibbân, no. 5559, 5570-at-Ta’lîqâtul Hisân), dari Shahabat Ibnu Mas’ûd Radhiyallahu anhu
5. at-Thabrani dalam al-Mu’jamul Ausâth, no. 8092
Imam at-Tirmidzi rahimahullah berkata, ”Hadits ini hasan shahîh gharib.” Dishahihkanoleh Imam al-Mundziri, beliau mengatakan, “Hadits ini diriwayatkan oleh at-Thabrani rahimahullah dalam al-Mu’jamul Ausâth dan rawi-rawinya yang shahih.” Lihat Shahîh at-Targhîb wat Tarhîb (I/260, no. 344). Dishahihkan juga oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahâdîts ash-Shahîhah (no. 2688) dan Shahîh at-Targhîb wat Tarhîb (no. 344, 346).
Sumber referensi, "Setan menghiasi wanita", karya Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas di almanhaj.or id

No comments:

Post a Comment