Thursday, December 28, 2017

KENAPA KITA PERLU MEMBLOKIR SESEORANG.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Firanda Adirja menyebutkan, "salah satu adab menggunakan sosial media diantaranya memilih teman yang mendorong kita kepada ketaatan pada Allah dan RasulNya, dan menjauhi orang yang jika berteman dengannya justru mendorong kita kepada perbuatan maksiat dan hal yang dilarang oleh Allah dan RasulNya. Maka ketika kita berteman dengan seseorang disosial media lihat apakah dia mengajak kepada yang ma'ruf atau justru dia mengajak kepada yang munkar, kalau sekiranya orang itu dapat mempengaruhi kita agar berbuat munkar dengan menyampaikan syubhat-syubhatnya kepada kita, sebaiknya diblokir saja. Demikian dengan para pengurus group ketika melihat ada anggota yang suka menebarkan syubhat kepada pemahaman khawarij dan bid'ah serta kesyirikan segera blokir, karena apa yang disampaikan olehnya dapat memberikan pengaruh buruk kepada anggota yang lain, dan jika pengurus group membiarkan hal ini kelak dia akan mempertanggung jawabkan hal ini, yakni membiarkan menyebarnya paham-paham menyimpang yang menyelishi ketentuan Allah dan RasulNya sementara dia sebenarnya mampu mencegahnya, waallahua'lam. "
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيْماَنِ.
“Barangsiapa di antara kalian melihat kemunkaran, maka hendaklah ia merubah dengan tangannya, jika tidak mampu lakukanlah dengan lisannya, dan jika tidak mampu juga, maka dengan hatinya. Itulah selemah-lemah iman.” [HR Muslim].

No comments:

Post a Comment