Wednesday, December 13, 2017

SEBELUM BELAJAR LIHAT MANHAJ GURUMU.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian seorang bertanya kepada Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas, tentang bagaimana mengetahui orang yang tepat untuk belajar agama. 
Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas menjawab, "sebelum belajar kepada seseorang tentang agama, lihat manhajnya, lihat dia belajar ilmu agama kepada siapa, lihat kitab2 yang dipelajarinya, dan juga lihat amalan orang ini, menyelisihi Sunnah atau mengikuti Sunnahnya. Karena jika kita belajar kepada seorang pelaku bid'ah maka kita kemungkinan menjadi pelaku bid'ah juga, atau jika guru kita adalah pelaku kesyirikan kemungkinan kita akan juga menjadi pelaku kesyirikan, maka berhati-hatilah dalam memilih guru dalam ilmu agama, karena akibatnya kepada kita bukan saja saat didunia namun juga sampai di akhirat kelak, waallahua'lam. "
Muhammad bin Sirin berkata, “Sesungguhnya ilmu agama (yang kamu pelajari) adalah agamamu (yang akan membimbingmu meraih ketakwaan kapada Allâh), maka telitilah dari siapa kamu mengambil (ilmu) agamamu.”Dinukil oleh Imam Muslim dalam Muqaddimah Shahîh Muslim (1/43-44 – Syarhu Shahih Muslim).
Imam Ibrahim bin Yazid an-Nakha’i berkata, “Dulu para Ulama Salaf ketika datang kepada seorang (guru) untuk menimba ilmu agama, maka mereka meneliti (terlebih dahulu) bagaimana shalatnya, (pengamalannya terhadap) sunnah Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan penampilannya, kemudian barulah mereka mengambil ilmu darinya.”Atsar riwayat Imam ad-Darimi dalam as-Sunan, 1/124 dengan sanad yang shahih.
Sumber referensi, "Lihatlah darimana engkau mengambil ilmu", karya Ustadz Abdullah bin Taslim al Bunthoni di almanhaj.or.id

No comments:

Post a Comment