Wednesday, December 20, 2017

CARA MEMBOIKOT YANG SALAH.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Berkaitan dengan semangatnya umat Muslim anti yahudi dan Amerika maka merekapun beramai-ramai mengadakan ajakan untuk memboikot produk yang disinyalir berasal dari orang Yahudi dan Amerika, namun anehnya justru disisi lain perilaku Yahudi dan Amerika mereka ikuti.
Dalam sebuah kajian Ustadz Maududi Abdullah mengatakan, "ada sebagian diantara Muslim mengadakan aksi boikot produk dan teknologi yang berasal dari kaum Yahudi dan Amerika, padahal produk atau teknologi mereka secara syariat boleh digunakan, ini dibuktikan dengan banyaknya hadist yang menyebutkan dimana Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wassalam melakukan jual beli dengan kaum Yahudi, karena yang terlarang secara syariat adalah mengikuti perilaku mereka dalam beragama, terlarang bagi kita bergaul secara bebas antara lelaki dan perempuan seperti mereka, terlarang bagi kita untuk mencari rizki dengan cara riba seperti mereka, terlarang bagi kita berpakaian seperti mereka dengan membuka aurat dan seterusnya.
Semisal ada orang memboikot produk dari orang Yahudi namun justru dia mengadakan konser besar-besaran, ini jelas keliru, yang dibolehkan dia tinggalkan, yang terlarang justru malah diikuti. Ada juga orang anti produk yahudi dan Amerika namun dia justru berpacaran, berduaan dengan bukan pasangan halalnya seperti orang Yahudi dan Amerika. Ada juga orang anti produk Yahudi dan Amerika namun mencari rizki dengan cara riba seperti halnya orang Yahudi dan Amerika dan seterusnya. "
Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِى جُحْرِ ضَبٍّ لاَتَّبَعْتُمُوهُمْ , قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ : فَمَنْ
“Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun, -pen), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?” (HR. Muslim no. 2669).
Ibnu Taimiyah menjelaskan, tidak diragukan lagi bahwa umat Islam ada yang kelak akan mengikuti jejak Yahudi dan Nashrani dalam sebagian perkara. Lihat Majmu’ Al Fatawa, 27: 286.
Sumber referensi, "Jangan mengikuti mereka", karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal Msc di Rumoysho.co

No comments:

Post a Comment