Monday, December 25, 2017

BERIKAN CERITA INDAH TENTANG DIRI KITA KEPADA ANAK CUCU KITA.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Abu Zubair Hawaary mengatakan, "Cepat atau lambat kita akan meninggalkan dunia ini, maka ketika masih ada kesempatan dalam hidup ini perbanyak kebaikan, meskipun kita mungkin tidak sempurna. 
Ketahuilah jika kita memperbanyak kebaikan hal tersebut akan meninggalkan cerita indah suatu saat, semisal kita meninggal dunia, kemudian anak-anak kita mempunyai kenangan indah bersama kita, diajak shalat berjamaah, diajak ke kajian agama, diajak bersedekah ke fakir miskin dan seterusnya, maka perbuatan tersebut akan menjadi kenangan yang membekas kepada anak kita yang akan dikenang selama hidupnya.
Dan suatu saat ketika kita benar-benar meninggalkan dunia ini, anak kita menjadi orang tua dan memiliki anak, akan ada cerita tentang kebaikan-kebaikan yang telah kita perbuat, cucu kita akan mendapatkan cerita bagaimana kita rajin shalat berjamaah, bagaimana kita berdakwah mengajak orang kepada yang ma'ruf dan meninggalkan yang munkar, bagaimana kita rajin untuk bersedekah dan seterusnya.
Jika kita meninggalkan perbuatan-perbuatan buruk dan tercela, cerita apa yang didapatkan oleh anak cucu kita?, tentu tidak ada bahan cerita. Jika cucu kita bertanya kepada orang tuanya, "bagaimana kakek dulu ayah?", kemudian dijawab, "taulah kakekmu", betapa buruknya jika demikian?.
Semoga kita menjadi teladan yang baik bagi anak cucu kita, dan bukan menjadi contoh buruk bagi mereka, aamiin. "

No comments:

Post a Comment