Sunday, December 24, 2017

KENAPA BANYAK ULAMA MENANGIS TERISAK KETIKA MEMBACA SURAT INI?


Oleh Siswo Kusyudhanto
Sering mendengar seorang Syaikh yang menjadi imam shalat di beberapa negri jazirah Arab kalau mereka mengimami shalat berjamaah dan kemudian membaca Surat Al Qariah mereka kebanyakan menangis dan terisak, dulu saya sering heran, ada apa dengan surat ini, padahal surat ini termasuk surat pendek, bahkan anak-anak kecil banyak mengenalnya dan mudah bagi mereka menghafalnya karena surat tersebut ada dalam Juz amma'. Namun kemudian saya ketahui kenapa para syaikh itu menangis terisak membaca surat ini.
Dalam sebuah kajian Ustadz Firanda Adirja menyebutkan, "bagi orang-orang yang mengimani datangnya hari kiamat, kemudian mengetahui bagaimana berat dan dahsyatnya kiamat akibatnya bagi manusia tentu mereka berharap jika masih hidup tidak akan menjumpai hari kiamat. Oleh karenanya banyak ulama yang kita kenal dalam doa mereka sangat takut akan datangnya kiamat, dan berharap kepada Allah agar tidak dipertemukan dengan hari kiamat, karena mereka yakin pasti akan berat, dan mungkin mereka tidak sanggup menjalani dahsyatnya kiamat jika mereka menghadapinya.
Namun sebaliknya bagi orang-orang munafik kedatangan kiamat bagaikan cerita kebohongan, dan tidak sedikitpun ada ketakutan pada diri mereka, pada akhirnya mereka banyak berbuat kemaksiatan. Waallahua'lam. "
Surat Al Qariah :
الْقَارِعَةُ ﴿١﴾ مَا الْقَارِعَةُ ﴿٢﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ ﴿٣﴾ يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ ﴿٤﴾ وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنفُوشِ ﴿٥﴾ فَأَمَّا مَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ ﴿٦﴾ فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَّاضِيَةٍ ﴿٧﴾ وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ ﴿٨﴾ فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ ﴿٩﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ ﴿١٠﴾ نَارٌ حَامِيَةٌ ﴿﴾١١
Dengan menyebut nama ALLAH yang maha pengasih lagi maha penyayang.
1. Hari Kiamat, 2. apakah hari Kiamat itu? 3. Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? 4. Pada hari itu manusia seperti kupu-kupu yang bertebaran, 5. dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. 6. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, 7. maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. 8. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, 9. maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. 10. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? 11. (Yaitu) api yang sangat panas.

No comments:

Post a Comment