Friday, April 5, 2019

KENAPA SERING KALI ORANG YANG RAJIN BERAMAL IBADAH MUNCUL SIKAP SOMBONG ?




Oleh Siswo Kusyudhanto
Kadang ketemu teman yang sudah sangat rajin beramal ibadah dan berhasil menjauhi segala larangan Allah dan RasulNya seperti maksiat, bid'ah dan kesyirikan namun muncul sikap sombong pada dirinya, jika dulu sebelum hijrah dia sangat ramah kepada setiap orang maka sekarang setelah hijrah kepada ketaatan dan rajin beramal ibadah justru hanya orang tertentu saja dia bersikap ramah.
Dalam sebuah kajian seorang ustadz menyebutkan, jika setan menjebak orang awam, yakni orang-orang yang jauh dari ilmu agama dengan cara menjebak mereka kepada perbuatan maksiat, bid'ah dan kesyirikan, maka setan melakukan jebakan yang berbeda kepada orang yang sudah hijrah, sudah memahami ilmu agama dan dalam kesehariannya taat beramal ibadah, untuk kelompok ini setan menjebak mereka kepada dosa dengan perbuatan riya'(ingin dipuji orang lain atas amal ibadahnya) dan ujub(sombong dengan amal ibadahnya).
Maka perlu kita yakinkan kepada diri sendiri bahwa kemampuan kita dalam melakukan amal ibadah, kemudian rasa takut berbuat maksiat, bid'ah dan kesyirikan semata-mata hanya karena rahmat Allah Ta'ala, bukan karena kemampuan diri kita. Dan disyariatkan kepada kita selalu meminta hidayah kepada Allah setiap saat, minimal 17 kali sehari dalam shalat kita ketika membaca Surat Al Fatihah, " Tunjukkan kami jalan yang lurus".
Dengan pemahaman bahwa amal ibadah serta ketatatan kita murni atas Rahmat Allah Ta'ala, insyaAllah kita dijauhkan dari sikap riya' dan ujub, waallahua'lam.

No comments:

Post a Comment