Monday, April 23, 2018

MUSLIM HARUSNYA MENJADI MANUSIA YANG BERGUNA BAGI MANUSIA LAINNYA

.

Oleh Siswo Kusyudhanto

Kemarin siang dikirim beberapa foto oleh kepala Bagian Pembinaan Lapas Sarolangun Jambi, Pak Nasrul, mengenai kegiatan para warga binaan yang melakukan kegiatan sosial di masyarakat, senang lihat kegiatan mereka sangat bermanfaat bagi masyarakat, meskipun mungkin di masa lalu mereka pernah melakukan sebuah kejahatan sehingga menyebabkan mereka mendapat hukuman dan masuk kedalam Lapas. Mereka ingin menunjukkan bahwa mereka juga dapat menjadi manusia berguna bagi orang lain.

Jadi ingat kajian Ustadz Syafiq Reza Basalamah beberapa waktu lalu, beliau mengatakan, "Banyak diantara kita tidak peduli akan keadaan sekitar kita, misal saja ada seseorang yang pulang dari shalat berjamaah di masjid, ketika menuju rumahnya ada dia melihat mobil mogok, dia bertanya kepada pemilik mobil, " mogok mas? ", si pemilik mobil bilang, "iya mas", setelah itu si penanya berlalu begitu saja. Padahal harusnya dia tetap disitu dan membantu si pemilik mobil, entah itu mendorong mobil tersebut atau bertanya apa yang perlu dibantu. Karena sebaik-baik manusia adalah mereka yang berguna bagi manusia lainnya, juga ketika kita membantu orang lain yang sedang kesulitan kita mendapatkan pahala dari perbuatan tersebut. "

Dalam sebuah hadist disebutkan ;

عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس »

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

No comments:

Post a Comment