Friday, April 20, 2018

DAKWAH TAUHID ADALAH MEMERDEKAKAN MANUSIA DARI PERBUDAKAN.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Abu Zubair Hawaary mengatakan, "Ketika seorang manusia mengenal Dakwah tauhid mereka merasa telah dimerdekakan, hal ini terjadi karena Dakwah Tauhid memerdekakan manusia dari segala perbudakan selain kepada Allah Ta’ala. Seperti Dakwah tauhid membebaskan manusia dari perbudakan syahwat dunia yang sebelumnya membuat manusia bertindak zalim karenanya seperti korupsi, mencuri, merampok dan sebagainya, dan merubah mereka kepada ketaatan kepada Allah Ta’ala. Juga mereka dimerdekakan dari peribadatan selain kepada Allah seperti ketergantungan pada amalan2 syirik, misal bebas dari ketergantungan kepada jimat, dan barang bertuah lainnya ataupun membebaskan manusia dari ibadat memberikan sesajen kepada makhluk halus penunggu suatu tempat dan seterusnya.
Tauhid menjadikan Allah Ta’ala satu-satunya yang diibadati oleh manusia, dan dalam beribadah kepadaNya mengikuti syariat yang telah ditetapkan oleh Allah Ta’ala, tidak mengikuti cara beribadah selain yang telah ditetapkanNya.
Dan buah dari Tauhid adalah keselamatan dan kebahagiaan seperti yang telah dijanjikan oleh Allah Ta’ala, baik di dunia ataupun juga akhirat. "
Allah Azza wa Jalla berfirman:
ذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُم بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُم مُّهْتَدُونَ
“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur-adukkan iman mereka dengan kezhaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk. ” [Al-An’aam/6 : 82]

No comments:

Post a Comment