Monday, April 23, 2018

JIKA SEMUA BERAGAMA ISLAM DENGAN BENAR DUNIA AKAN INDAH



OLeh Siswo Kusyudhanto

Kemarin pagi ketika mengantar anak pergi ke sekolah dengan motor diperjalanan ban motor saya bocor, selidik punya selidik ternyata di ban motor saya itu tertancap paku sepanjang lebih dari 5 cm, ini penyebab ban motor saya terkoyak dibagian dalam dan angin keluar. Dengan susah payah saya mendorong motor sejauh hampir setengah kilometer hingga sampai penambal ban. Dan malamnya saya baru dapat info kalau di daerah dimana ban saya tertancap paku itu sering terjadi penyebaran paku dijalanan oleh oknum penambal ban, subhanallah, Maha Suci Allah, mencari rejeki kok dengan cara bathil, semoga Allah beri hidayah kepada pelakunya agar meninggalkan perbuatan yang bikin orang lain sengsara seperti itu, aamiin.

Jadi ingat kajian Ustadz Maududi Abdullah tentang Islam, kata beliau, " Islam artinya menyelamatkan, seseorang yang berIslam akan selamat dirinya, Keluarganya dan hartanya baik didunia dan akhirat. Demikian juga seseorang yang berIslam akan selamat orang lain dari perkataannya, perbuatannya dan harta orang lain selamat dari perbuatannya."

Kembali kepada tukang tambal ban, sebuah pekerjaan yang dianggap sepele, namun tentu berbeda antara tukang tambal yang berIslam dan tidak berIslam, jika semua tukang tambal ban di muka bumi ini berIslam dengan benar maka akan selamat banyak orang dari perbuatannya, seorang tukang tambal ban yang berIslam tidak mau mencari penghasilan dengan cara bathil dengan menebarkan paku di jalanan, dia bersikap tawakal kepada pemberian rejeki dari Allah, dan tidak menempuh cara bathil yang menyengsarakan orang lain, dia takut apa yang dilakukannya dinilai buruk oleh Allah, dia takut hisab kelak akan perbuatannya.

Jika seorang tambal ban yang berIslam dapat menyelamatkan banyak orang dijalanan, bagaimana jika polisi berIslam, guru berIslam, pegawai negri berIslam, gubernur yang berIslam sampai presiden yang berIslam, pasti dunia ini akan indah karena setiap orang akan saling menyelamatkan orang lain, waallahua'lam.

Pernyataan bahwa Islam adalah agamanya yang rahmatan lil ‘alamin sebenarnya adalah kesimpulan dari firman Allah Ta’ala,
وَما أَرْسَلْناكَ إِلاَّ رَحْمَةً لِلْعالَمِينَ
“Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia” (QS. Al Anbiya: 107)
Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa sallam diutus dengan membawa ajaran Islam, maka Islam adalah rahmatan lil’alamin, Islam adalah rahmat bagi seluruh manusia.
Secara bahasa,
الرَّحْمة: الرِّقَّةُ والتَّعَطُّفُ
rahmat artinya kelembutan yang berpadu dengan rasa iba (Lihat Lisaanul Arab, Ibnul Mandzur). Atau dengan kata lain rahmat dapat diartikan dengan kasih sayang. Jadi, diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa sallam adalah bentuk kasih sayang Allah kepada seluruh manusia.

Sumber referensi Dr "Islam rahmatan Lil Al-Amin" karya Yulian Purnama di muslim.or.id

No comments:

Post a Comment