Monday, April 30, 2018

BANGKAI IKAN BANYAK YANG MINAT, BANGKAI KITA SIAPA YANG MAU MEMBELINYA?



Oleh Siswo Kusyudhanto

Dalam sebuah kajian Ustadz Ali Ahmad berkata, " untuk apa manusia bersombong diri ketika hidup didunia, toh ketika mereka mati tidak ada seorangpun manusia mau membeli bangkai kita, mendingan bangkai ikan, seperti ikan asin, sudah mati beberapa minggu masih juga banyak orang mau membelinya, apalagi ikan sarden yang dalam kaleng jauh lebih lama lagi matinya, namun banyak manusia membelinya. Sedangkan bangkai kita siapa mau membelinya?, jadi untuk apa bersikap sombong ketika masih hidup didunia? entah karena sombong dikarenakan harta yang kita punyai, atau sombong karena jabatan yang kita miliki, karena pada akhirnya jasad kita sangatlah hina.".

Allah Ta’ala berfirman,

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ {18}

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ

“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)

Haritsah bin Wahb Al Khuzai’i berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ

“Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur(sombong).“ (HR. Bukhari no. 4918 dan Muslim no. 2853)

Sumber referensi " Jauhi Sikap Sombong", karya Ustadz MUhammad Abduh Tuasikal Msc. di muslim.or.id

No comments:

Post a Comment