Monday, April 30, 2018

JIKA ALLAH TA’ALA BERFIRMAN "HAI ORANG-ORANG BERIMAN", PASANG TELINGAMU ! .


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam kajian beberapa waktu yang lalu oleh Ustadz Syafiq Reza Basalamah, beliau mengatakan, "Ada 89 kali Allah Ta’ala menyebutkan" Hai orang-orang yang beriman "dalam Al-Qur’an, panggilan itu hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman saja, dan bagi mereka orang yang kufur dan kafir apa yang difirmankanNya tidak berlaku bagi mereka. Ibnu Mas'ud Radhliyaa Anhuu ketika mendengar ayat yang berisikan lafadz," hai orang-orang yang beriman ", beliau mengingatkan orang disekelilingnya, " jika ada ayat Al-Qur’an turun dan menyebutkan, "hai orang-orang yang beriman", maka pasang telingamu, pasang telingamu!, karena Allah Ta’ala akan memberikan perintah atau akan memberi peringatan atas keburukan sesuatu, maka dengar baik-baik".
Berikut diantaranya ayat-ayat tersebut :
1.mengatur soal berkata , yaitu pada QS (002,104).
Hai orang-orang yang beriman, jangan kamu KATAKAN Raa’ina, tetapi katakanlah Unzhurna. Dan dengarkanlah, bahwa untuk orang-orang kafir itu azab yang pedih (002,104).
Sedemikian pentingnya berkata , sehingga suatu kaum jadi kafir karena ”BERKATA” jadi "kata" kita harus bersumber (kamus)nya dari Alquran dan Sunnah Rasul.
2. Sabar dan Sholat, QS ( 2,153)
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
3. Makanlah makanan yang Thoyib dan bersyukur QS(2.172)
Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang THOYIB (baik) yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.
Dan banyak lagi ayat yang didahului dengan"Hai orang-orang yang beriman "dalam Al-Qur’an.

No comments:

Post a Comment