Tuesday, January 30, 2018

SALAH SATU TANDA IMAN UDAH USANG/LUNTUR YAKNI MALAS SHALAT.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam kajian beberapa waktu yang lalu Ustadz Abdullah Zein MA menyebutkan, "salah satu tanda iman sudah usang/luntur yakni malas dalam beramal ibadah, semisal orang memilih shalat dirumah yang pahalannya cuma satu sementara dia meninggalkan shalat berjamaah di masjid atau mushola yang pahalanya 27 derajat. 
Andai pahala itu berupa uang dan itu ditawarkan kepada banyak orang maka hanya orang yang bodoh memilih uang satu juta dan meninggalkan uang 27 juta.
Ketahuilah menjaga shalat sangat penting, karena pembeda antara orang beriman dan orang munafik adalah di shalatnya, seorang yang beriman akan bersemangat dan dapat menikmati lezatnya shalat, sementara orang munafik sangat berat dalam melakukan shalat, bahkan orang munafik merasa tidak bersalah ketika dirinya meninggalkan shalat, namun jika ditanya status dirinya akan dia jawab bahwa dia seorang Muslim. Waallahua'lam. "
Juga dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَيْسَ صَلاَةٌ أثْقَلَ عَلَى المُنَافِقِينَ مِنْ صَلاَةِ الفَجْرِ وَالعِشَاءِ ، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْواً
“Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat ‘Isya’. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 657).
Ibnu Hajar mengatakan bahwa semua shalat itu berat bagi orang munafik sebagaimana disebutkan dalam firman Allah,
وَلَا يَأْتُونَ الصَّلَاةَ إِلَّا وَهُمْ كُسَالَى
“Dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas” (QS. At Taubah: 54). Akan tetapi, shalat ‘Isya dan shalat Shubuh lebih berat bagi orang munafik karena rasa malas yang menyebabkan enggan melakukannya. Karena shalat ‘Isya adalah waktu di mana orang-orang bersitirahat, sedangkan waktu Shubuh adalah waktu nikmatnya tidur. (Fathul Bari, 2: 141).
Sumber "Shalat Subuh dan isya' berat bagi orang munafik", karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal Msc di Rumoysho.co

No comments:

Post a Comment