Saturday, January 6, 2018

AL Markiz Pondok Pesantren Manhaj Salaf yang menGRATISkan biaya pendidikan bagi para santrinya.



Oleh Siswo Kusyudhanto
Dikalangan masyarakat tersebar imej bahwa pondok pesantren bermanhaj salaf pasti mahal, sehingga jika ada sebagian kelompok masyarakat kelompok ekonomi lemah yang ingin memperdalam ilmu agama bermanhaj salaf sangat sulit bagi mereka mendapatkannya. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, ada beberapa pondok pesantren yang memang didirikan demi tujuan dakwah, sehingga beban biaya selama dalam proses belajar mengajar tergolong murah, bahkan gratis. Seperti Pondok Al Markiz, Lipat Kain, Kampar, Riau ini misalkan, didirikan dengan tujuan murni dakwah sehingga mengratiskan biaya pendidikan bagi sebagian santrinya.
Dan biaya operasional pondok murni dari donasi masyarakat yang simpati kepada pondok pesantren ini.
Pengurus Halaman Meniti Jalan Shalafus Shaleh salah satu komponen masyarakat yang ikut mendukung operasional pondok pesantren ini.
Markiz Daarul Qur’an Was Sunnah Lipatkain merupakan suatu wadah sederhana untuk pendidikan Al-Quran dan Hadits, berbasis peradaban Sunnah dengan pemahaman salaful ummah, bagi anak-anak berekonomi lemah/rendah/kurang mampu. pondok ini dinamakan dengan nama Markiz Daarul Qur`an was Sunnah. Markiz artinya pusat atau tempat tinggal, kediaman. Markiz ini hadir sebagai suatu fasilitator bagi penuntut ilmu yang bersemangat walaupun mereka memiliki ekonomi yang rendah, anak yatim, anak terlantar, dan penuntut ilmu yang telah lanjut umurnya sehingga tidak mungkin lagi duduk di bangku sekolah. Adapun dari sisi pembiayaan, karena melihat mashlahat dan kebutuhan dakwah, terlebih karena banyak kaum muslimin dan ikhwah yang kurang mampu untuk mendidik anaknya maka dengan modal semangat seraya memohon pertolongan Allah Ta’ala kami berlakukan sistem dengan tidak menetapkan biaya bulanan bagi yang tidak mampu, dan tentunya Markiz ini juga membuka peluang bagi yang mampu untuk mendidik anaknya di sini tapi juga tidak menetapkan biaya bulanan, bagi yang berinfak kami terima jika tidak, tidaklah mengapa. Dan sekarang Cuma baru beberapa saja dari kalangan Aghniyaa’.
Untuk donasi kepada Pondok Pesantren Al Markiz dan informasi lengkapnya, silahkan hubungi Akhi Jefren no +62 852-6559-7914.
Atau bisa juga hubungi Siswo Kusyudhanto di no 081378517454.
Syukron.

No comments:

Post a Comment