Wednesday, March 8, 2017

Kepercayaan itu mahal..


Dalam sebuah kajian tentang bagaimana menjadi pengusaha Muslim yang sukses Ustadz Muhammad Arifin Badri ditanya seorang jamaah, "Ustadz ketimbang ngomong panjang lebar tentang menjadi pengusaha, lebih baik ustadz pinjamkan modal saja buat saya agar dapat saya gunakan memulai usaha, bagaimana ustadz?", mendengar itu ustadz berfikir sejenak lalu beliau berkata, " modal itu perkara mudah, kepercayaan itu sesuatu yang sulit didapat dan mahal", si jamaah tidak paham akan jawaban ini lalu bertanya lagi, "maksud ustadz bagaimana?". Ustadz Muhammad Arifin Badri memjawab," coba tanyakan pada diri anda, apakah dipercaya oleh ayah anda sendiri?, apakah dia mau memberi modal kepada anda?", si jamaah menjawab, "ayah saya kurang percaya kepada saya", lalu ustadz menjawab, " nah itu masalahnya, jika ayah anda saja tidak percaya kepada anda bagaimana orang lain percaya kepada anda? Tentu lebih tidak percaya lagi kepada anda, padahal seorang ayah adalah orang yang dekat dengan anaknya, darah dagingnya, berarti ada masalah kepercayaan kepada anda, maka perbaiki dulu itu. Jika orang lain percaya bahwa anda punya kualitas dalam bekerja, punya akhlak mulia dan jujur insyaAllah soal modal itu mudah, karena banyak pengusaha diluar sana mencari orang-orang yang dapat dipercaya untuk mengembangkan usahanya, banyak pengusaha dibidang herbal mencari agen untuk produknya, banyak pengusaha shirwal mencari agen untuk hasil produksinya, banyak pengusaha agen dan tour mencari agen untuk umroh dan haji, sampai ada pengusaha kerupuk perlu tenaga untuk mendistribusikan kerupuknya ".
InsyaAllah jadi orang yang Amanah/dapat dipercaya.
Ingat itu, kepercayaan adalah MAHAL

Allah memerintahkan untuk menunaikan amanah yang diembannya, barangsiapa yang tidak menunaikannya di dunia diambil darinya pada hari Kiamat”.
Dan firman-Nya.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ
“Wahai orang-orang yang beriman janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu sedangkan kamu mengetahui” [Al-Anfal : 27]

No comments:

Post a Comment