Thursday, March 2, 2017

Imam Bukhary rela memakan rumput demi mendapatkan ilmu, kita bagaimana?


Waktu Ustadz Abu Zubair Haawary membahas sejarah perjuangan para ulama besar dalam menuntut ilmu dimasa lalu, hati ini jadi sangat malu, kita yang mudah menjangkau tempat kajian dengan kendaraan bermotor pun masih dihinggapi rasa malas, membaca kitab para ulama sering dihinggapi kejenuhan, dan banyak kemalasan lainnya.
Salah satu kisah paling memukau diantaranya yakni ketika Imam Bukhary pada suatu saat sempat memakan rumput karena sebegitu laparnya, hal itu disebabkan beliau sibuk mencari ilmu, terutama mengambil hadist dari banyak ulama yang tersebar di jazirah Arab, masyaAllah.
IMAM AL BUKHARI menyampaikan, ”Suatu saat aku melakukan perjalanan menuju tempat tinggal Adam bin Abi Iyas. Saat itu seluruh bekalku sudah habis, hingga aku makan rerumputan dan aku tidak memberitahukan perihal itu kepada siapa pun.
Imam Al Bukhari pun melanjutkan kisahnya,”Di hari ke tiga datanglah seseorang yang sama sekali tidak aku kenal, dia membawa kantong berisi dinar dan menyamapikan kepadaku,’gunakanlah ini untuk nafkahmu.”. (Siyar A’lam An Nubala, 12/448)*

No comments:

Post a Comment