Friday, March 24, 2017

Biker Sholeh.


Dulu kalau jumpa Ustadz Maududi Abdullah mengendarai motor, setiap melihat box belakang pada bagian motor beliau selalu baca "touring ke taman-taman surga", belum paham maksudnya apa, pas kajian beliau membahas keutamaan dzikir baru paham maksud dari sticker di box motor beliau.
Dalam kajian itu Ustadz Maududi Abdullah menjelaskan sebuah hadist, " kenapa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menyebut majlis dzikir meliputi kajian2 ilmu adalah taman-taman surga?, kenapa kok beliau tidak menyebut pemandangan indah seperti gunung, pantai dan semacamnya sebagai taman surga?, karena dari majlis-majlis ilmu orang yang hadir mendapat pahala dan ilmu yang dapat membawanya menuju jalan-jalan surga."
Dan sticker dibox motor Ustadz Maududi Abdullah menjelaskan kepada saya bahwa klub biker yang beliau bina mengkhususkan touring hanya kepada kegiatan sosial, yang yang utama touring menuju ke kajian2 ilmu, MasyaAllah, biker sholeh.

Majlis dzikir adalah taman surga di dunia ini.
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا قَالُوا وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ
Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang.” Para sahabat bertanya,”Apakah taman-taman surga itu?” Beliau menjawab,”Halaqah-halaqah (kelompok-kelompok) dzikir.” (HR Tirmidzi, no. 3510 dan lainnya. Lihat Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah, no. 2562)
Dalam hadits lain lebih dijelaskan bentuk dzikir yang mereka lakukan, sebagaimana hadits di bawah ini:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ …وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ
Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah bersabda,”Dan tidaklah sekelompok orang berkumpul di dalam satu rumah di antara rumah-rumah Allah; mereka membaca Kitab Allah dan saling belajar diantara mereka, kecuali ketenangan turun kepada mereka, rahmat meliputi mereka, malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan (para malaikat) di hadapanNya.” [HR Muslim, no. 2699; Abu Dawud, no. 3643; Tirmidzi, no. 2646; Ibnu Majah, no. 225; dan lainnya].
Sumber artikel keutamaan dzikir, almanhaj.or.id

No comments:

Post a Comment