Saturday, December 17, 2016

Pertanyaan jahil Ahlul bid'ah.


Kadang sedih kalau ada pertanyaan jahil dari rombongan warung sebelah, " apa ada larangan merayakan maulid nabi?", "apakah ada larangan mengamalkan tahlil kematian?","apakah ada larangan berdzikir dengan berjamaah?" dan banyak lagi pertanyaan menanyakan larangan atas amalan2 bid'ah. Tentu jawabannya yakni tidak ada, karena judulnya sudah"bid'ah" artinya sebuah amalan dalam agama yang tidak pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan para sahabatnya, tentu tidak ada larangannya secara mutlak karena dijaman mereka amalan2 itu tidak ada. Dan perintah Allah dan Rasulnya yakni mengikuti apa yang sudah dicontohkan dan diperintahkan, dan kaidahnya jika kita diperintahkan ittiba' kepada Rasulullah dan para sahabat beliau artinya larangannya yakni tidak boleh menyelisihi amalan mereka. Sama halnya jika kita masuk perusahaan jika dalam aturan perintahnya masuk kerja tepat waktu makna larangannya adalah karyawan di perusahaan itu tidak boleh terlambat, atau seorang ibu perintahkan agar seorang anak bangun pagi artinya larangannya bangun kesiangan, atau ada peraturan lalu lintas dilarang belok artinya yang melihat tanda itu harus berjalan lurus, dan seterusnya.
Allah berfirman dalam Alquran :
وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَآءَتْ مَصِيرًا
Dan barangsiapa menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalannya orang-orang mu’min, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruknya tempat kembali. [An Nisa’:115].
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,”Sesungguhnya, keduanya itu (yaitu menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mu’min, Pen.) saling berkaitan. Semua orang yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, berarti dia mengikuti jalan yang bukan jalannya orang-orang mu’min. Dan semua orang yang mengikuti jalan yang bukan jalannya orang-orang mu’min, berarti dia menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya.” Lihat Majmu’ Fatawa (7/38)
Pada saat ayat ini turun, belum ada umat Islam selain mereka, kecuali para sahabat Radhiyallahu ‘anhum. Merekalah orang-orang mu’min yang pertama-tama dimaksudkan ayat ini. Sehingga wajib bagi generasi setelah sahabat mengikuti jalan para sahabat Nabi.
Referensi dari almahaj.or.id

No comments:

Post a Comment