Monday, December 12, 2016

Mereka mungkin tidak tau kalau Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tidak pernah ulang tahun.


Sulit menjawab pertanyaan dari anakku, dulu ketika dirinya tidak kami rayakan ulang tahunnya, sementara teman-temannya berulang tahun, dia bertanya,"kenapa ya ibu, aku kok tidak dirayakan ulang tahunnya?", ibunya menjawab,"iya nak kita mengikuti sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam., beliau tidak merayakan hari kelahirannya, namun beliau berpuasa setiap hari senin, sebagai muslim yang taat dan mencintai beliau maka kita juga tidak merayakan hari kelahiran kita". Sekarang ketika dimana-mana ada perayaan maulid nabi pertanyaan anakku soal ulang tahun itu menggelitik kembali, maka kami jawab, "mereka mungkin belum tau bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tidak pernah berulang tahun nak".
Soal tanggal kelahiran Nabi yang diperingati juga tidak jelas, para ulama terdahulu juga tidak tau pasti kapan Nabi dilahirkan, sementara tanggal yang diperingati yakni tanggal 12 Robiul awal adalah hari kematian beliau, SubhanaAllah, kematian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang mulia malah dirayakan???, umat model apa kita ini merayakan hari kematian Nabinya? Seakan gembira akan kematian beliau.
Kalaupun itu dipaksakan sebagai hari maulid nabi sama halnya orang merayakan ulang tahun tapi tanggalnya gak tau kapan, yang penting ulang tahun, SubhanaAllah, sebuah kejahilan yang nyata.
Semoga Allah memberi hidayah Nya kepada kita semua, Aamiin.

No comments:

Post a Comment