Friday, August 26, 2016

Mengenal Ponpes Tunas Ilmu Purbalingga

Mengenal Ponpes Tunas Ilmu Purbalingga

Biografi Singkat Pengasuh Tunasilmu.com


Nama : Abdullah Zaen, Lc., M.A. bin Zaeni Muhajjat, BA, M.S.
Pekerjaan : Pengasuh Pondok Pesantren “Tunas Ilmu” Purbalingga dan dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah “Imam Syafi’i” Jember
Riwayat Pendidikan:
– Formal:
1985 : TK Pertiwi Banyumas Jawa Tengah
1986-1992 : SD Kejawar I Banyumas Jawa Tengah
1993 : Pondok Modern ar-Risalah Slahung Ponorogo Jawa Timur
1994-1998 : Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur
1999 : Fakultas Syari’ah Institut Studi Islam Darussalam Gontor
2000 : Ma’had Lughah Islamic University of Medina (IUM) KSA
2001-2004 : S1 Fakultas Hadits dan Dirasat Islamiyah IUM (Cumlaude)
2005-2009 : S2 Jurusan Aqidah IUM (Cumlaude)
– Non Formal :
2000-2009 : Belajar berbagai kitab pada:
  1. Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al-‘Abbâd: kitab Sunan Abi Dâwûd, sebagian dari Sunan at-Tirmidzi, al-Arba’în an-Nawawiyyah dan sebagian dari Sunan Ibn Mâjah .
  2. Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Âmir ar-Ruhaili: kitab: al-Ushûl ats-Tsalâtsah, Kasyf asy-Syubuhât, al-Qawâ’id al-Arba’, Kitab at-Tauhîd, Kitab al-Îmân li Abi ‘Ubaid al-Qâsim bin Sallâm, sebagian dari Kitab al-Qadar li Ibn Wahb, sebagian dari Kitab as-Sunnah li al-Khallâl, Kitab al-I’tiqâd li Ibn Abi Ya’la, Syarh as-Sunnah li al-Muzani, Mauqif Ahl as-Sunnah min Ahl al-Ahwâ’ wa al-Bida’, sebagian dari Riyâdh ash-Shâlihîn, Ushûl as-Sunnah li al-Imam Ahmad, sebagian dari at-Tadmuriah dan sebagian dari al-Hamawiyah.
  3. Syaikh. Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-‘Abbâd: kitab Fâ’idah Jalîlah fî Qawâ’id al-Asmâ’ al-Husna, sebagian dari al-Adab al-Mufrad, sebagian dari Tharîq al-Wushûl, sebagian dari al-Qawâ’id al-Mutsla, dan sebagian dari al-‘Aqîdah al-Wâsithiyah.
  4. Syaikh. Dr. Shalih bin Sa’ad as-Suhaimy: kitab Kasyf asy-Syubuhât.
  5. Syaikh. Dr. Sulaiman bin Salîmullah ar-Ruhaily: sebagian dari kitab Manâr as-Sabîl, sebagian dari al-Waraqât, sebagian dari Manzhûmah al-Qawâ’id al-Fiqhiyyah li as-Sa’dy.
  6. Syaikh ‘Ubaid al-Jâbiry: sebagian dari kitab Syarh as-Sunnah li al-Barbahâry.
  7. Syaikh Prof. Dr. Muhammad bin Khalîfah at-Tamîmi: sebagian dari kitab al-Hamawiyah.
  8. Syaikh Dr Abdullah bin Abdurrahîm al-Bukhâry: sebagian dari kitab al-Bâ’its al-Hatsîts.
  9. Syaikh Abdurrahman ar-Raddâdy: sebagian dari Matan Abi Syuja’.
Karya Ilmiah:
– Buku berbahasa Indonesia:
  1. Imam Syafi’i Menggugat Syirik, Pembelaan Imam Syafi’i dan Para Pengikutnya terhadap Tauhid (diterbitkan oleh Maktabah al-Hanif Jogjakarta tahun 2007).
  2. 14 Contoh Praktek Hikmah dalam Berdakwah (diterbitkan oleh Pustaka Muslim Jogjakarta tahun 2007).
– Buku terjemahan dan editan:
  1. Untaian Mutiara Khutbah dan Nasehat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di Haji Wada’. Terjemahan dari Khuthab wa Mawâ’izh min Hajjah al-Wadâ’ karya Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-‘Abbâd al-Badr (diterbitkan di Madinah).
  2. Ulama Mekah dan Nejd Bersatu Padu Membela Tauhid dan Memerangi Kesyirikan – Dokumen Nota Kesepakatan Ulama Mekah dan Ulama Nejd dalam Masalah Tauhid. Terjemahan dari al-Bayân al-Mufîd fî mât tafaqa ‘alaihi ‘Ulama Mekkah wa Najd min ‘Aqâ’id at-Tauhîd (diterbitkan oleh Islamic Centre Hauthah Sudair Riyadh).
  3. Biarkan Syi’ah Bercerita tentang Agamanya. Terjemahan dan ringkasan dari kaset Waqafât ma’a Du’ât at-Taqrîb oleh Syaikh Abdullah as-Salafy (diterbitkan oleh Pustaka Muslim Jogjakarta).
  4. Pancaran Nilai-nilai Keimanan dalam Ibadah Haji – Studi tentang Keterkaitan Ibadah Haji dengan Aqidah Seorang Muslim. Terjemahan dan ringkasan dari buku Durûs ‘Aqadiyyah Mustafâdah min al-Hajj karya Syaikh Prof Dr. Abdurrazzâq bin Abdul Muhsin al-‘Abbâd al-Badr.
  5. Penjatuhan Vonis Kafir dan Aturannya. Terjemahan dari at-Takfîr wa Dhawâbithuh karya Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaily (diterbitkan Darus Sunnah Jakarta).
– Makalah:
  1. Upaya Menjaga Kemurnian Islam – Menyoal Tahdzîr dan Norma-normanya.
  2. Perpustakaan Pak Ustadz – Daftar Buku-buku Primer bagi Para Da’i.
  3. Penggugur Dosa.
  4. Agama adalah Nasehat.
  5. Indahnya Islam
  6. Berdakwah dengan Akhlak Mulia
  7. Berdakwah dengan Hati
  8. Beberapa Kaidah Penting Tafsir
  9. Beberapa Pembahasan Penting tentang Isti’adzah
  10. Beberapa Pembahasan Penting tentang Basmalah
  11. Tafsir Surat al-Fatihah
  12. Tafsir Surat an-Nas
  13. dan lain-lain.
– Karya Tulis Berbahasa Arab (belum diterbitkan):
  1. Tahrîk al-Ushbu’ fi at-Tasyahhud.
  2. Manzilah ash-Shahâbah Bain al-Ghulâh wa al-Jufâh.
  3. Ta’rîf Tauhîd al-Asmâ’ wa ash-Shifât wa ‘Alâqatuh bi Aqsâm at-Tauhîd al-Ukhrâ.
  4. Nawâqidh Tauhîd ar-Rubûbiyyah.
  5. Tahqîq al-Qaul fî mâ Nusiba ilâ al-Imâm Mâlik fî anna al-Îmân Yazîd wa Tawaqqufuh ‘an an-Nuqshân.
  6. Mazhâhirul Inhirâf fî Tauhîd al-‘Ibâdah ladâ Ba’dh Muslimî Indonesia wa Mauqif al-Islâm minhâ (tesis).
  7.  
  8.  


    PONDOK PESANTREN “TUNAS ILMU”

    Alamat:

    Kedungwuluh Rt. 08 Rw. 02 Kalimanah Purbalingga 53371 Jawa Tengah Indonesia
    Telp: 0281 6597674  HP: 081319839320
    Rek BNI Cabang Purbalingga no: 0194910585 a/n: Yayasan Islam Tunas Ilmu Purbalingga
     
    PONDOK PESANTREN “TUNAS ILMU”

    KEDUNGWULUH PURBALINGGA JAWA TENGAH

    PENERIMAAN SANTRI BARU ANGKATAN KEENAM

    PROGRAM PENGKADERAN DA’I

    TAHUN AKADEMIK: 1437/1438 H – 2016/2017 M



    PROLOG

    Anda ingin menjadi pewaris para nabi? Jadilah seorang ulama, niscaya Anda akan menjadi pewaris mereka, yang mewarisi ilmu, akhlaq dan semangat dakwahnya.

    Pondok Pesantren “Tunas Ilmu”, yang diselenggarakan oleh Yayasan Islam Tunas Ilmu Purbalingga dengan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No: AHU-3926.AH.01.04.Tahun 2010, melalui program pendidikan intensif selama 3 tahun, berkomitmen tinggi mengantarkan Anda menuju gerbang impian indah tersebut.



    MATERI PELAJARAN

    Dengan mengikuti program intensif ini, Anda akan menguasai berbagai disiplin ilmu agama dan yang lainnya.

    Antara lain:

    Akidah
    Tafsir
    Hadits
    Fiqih
    Siroh Nabawiyyah
    Bahasa Arab
    Metode Berdakwah
    Wirausaha
    Sinematografi, dll.
     

No comments:

Post a Comment