Sunday, August 7, 2016

Jadilah manis dengan jenggot dan jadilah ramah dengan cadar.

Jadilah manis dengan jenggot dan jadilah ramah dengan cadar.

Ketika seseorang mengenal kajian sunnah mereka cenderung menjadi eksklusif, seakan terpisah dengan lingkungannya, padahal dengan demikian tidak ada kesempatan baginya mendakwahkan sunnah kepada lingkungannya. Hanya dengan akhlak yang baik dalam bergaul maka seseorang yang mengenal sunnah dapat menyampaikan ajaran sunnah yang haq kepada orang dilingkungannya.
Maka jadilah manis dengan jenggot dan celana cingkrang ketika bergaul dengan masyarakat awam, jangan terbalik, ketika mengenal sunnah tiba2 dia menjadi kaku dan seram, justru hal demikian membuat banyak orang dilingkungannya menjauhinya. Juga bagi wanita yang semenjak mengenal sunnah dimana dia berhijab syar'i dan bercadar jangan menjadi eksklusif dengan jadi pendiam dan tidak ramah, harusnya sejak mengenal sunnah membuat dia menjadi makin ramah kepada orang disekitarnya, dan suka memberi bantuan.
Hanya dengan akhlak yang baik dakwah ini dapat disebarkan, dan dapat diterima masyarakat secara luas, karena demikian sunnahnya, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam mendakwahkan agama ini dengan akhlak mulia.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ
Pergaulilah manusia dengan akhlak mulia [HR. at-Tirmidzi no. 1987 dari Abu Dzar, dan beliau menilai hadits ini hasan shahih]
Ummul Mukminin Khadîjah Radhiyallahu anhuma tatkala beliau menghibur suaminya; Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ketakutan dan merasa khawatir tatkala wahyu turun pertama kali pada beliau. Khadîjah Radhiyallahu anhuma berkata:
كَلَّا وَاللَّهِ مَا يُخْزِيكَ اللَّهُ أَبَدًا؛ إِنَّكَ لَتَصِلُ الرَّحِمَ، وَتَحْمِلُ الْكَلَّ، وَتَكْسِبُ الْمَعْدُومَ، وَتَقْرِي الضَّيْفَ، وَتُعِينُ عَلَى نَوَائِبِ الْحَقِّ
Demi Allâh tidak mungkin! Allâh tidak akan pernah menghinakanmu. Sebab engkau selalu bersilaturrahmi, meringankan beban orang lain, memberi orang lain sesuatu yang tidak mereka dapatkan kecuali pada dirimu, gemar menjamu tamu dan engkau membantu orang lain dalam musibah-musibah [HR. al-Bukhâri no. 3 dan Muslim no. 401]
Maksud perkataan Khadîjah Radhiyallahu anhuma di atas, sesungguhnya engkau Muhammad, tidak akan ditimpa sesuatu yang tidak kau sukai, karena Allâh Azza wa Jalla telah menjadikan dalam dirimu berbagai akhlak mulia dan karakter utama. Lalu Khadîjah Radhiyallahu anhuma menyebutkan berbagai contohnya, di antaranya gemar membantu orang lain.

Dikutip dr Ustadz Firanda Adirja MA.


No comments:

Post a Comment