Sunday, August 7, 2016

Kenapa mereka begitu taklid pada ulamanya?

Kenapa mereka begitu taklid pada ulamanya?

Taukah teman kenapa dikalangan jamaah berpaham tassawuf mereka sangat taat dan taklid pada para ulamanya?, salah satu penyebabnya yakni mereka mengenal istilah "kasyaf", artinya menyibak jubah, maknanya meyakini ada ulama yang mampu menyibak jubah untuk mengetahui hal-hal ghaib. Dari hal ghaib itulah nanti sang ulama menetapkan hukum atas syariat dalam beramal ibadah, bahkan ada yang menyebut ada ulama yang mampu berkomunikasi dengan Rasulullah dalam mimpi. Maka sering kali fatwa ulama yang mereka anggap kasyaf menabrak syariat Allah dan RasulNya. Bagi mereka menabrak syariat itu tidak masalah karena mereka memahami Alquran dan As sunnah itu hanya sebagian kecil petunjuk(tersurat), sementara petunjuk Allah itu lebih banyak di alam semesta ini(tersirat), salah satunya berasal dari ulama2 yang dianggap kasyaf.
Ini jelas bathil karena Allah menyebutkan bahwa hal ghaib itu yang megetahui adalah diriNya, manusia mengetahui hal ghaib ketika sudah mati.

Semut (An-Naml):65 - Katakanlah: "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan."
Waallahua'lam. Semoga Allah memberi hidayah pada kita semua, Aamiin

No comments:

Post a Comment