Thursday, August 4, 2016

Adab dalam sosmed

Adab dalam sosmed

1. Jaga pandangan. Jika secara syariat kita tidak boleh memandang segala sesuatu secara "sembarangan", demikian juga dengan didalam sosial media, maklum didalamnya banyak pemandangan " sembarangan". Terjadinya berbagai penyelewengan yang disebabkan oleh sosial media seperti perselingkuhan, transaksi narkoba, transaksi sex dst., dimulai dari pandangan. Maka jaga pandangan anda.
2. Pilih teman yang baik. Dalam syariat kita diperintahkan mencari teman yang mendorong kita kepada kebaikan. Maka hindari teman didalam sosial media yang mendorong kepada perbuatan maksiat, dan syubhat(syirik, bid'ah dan pemahaman khawarij), jika perlu blokir teman yang punya potensi mendorong kita kepada keburukan.
3. Jika anda menjadi admin group seleksi posting dan anggota seketat mungkin. Admin yang baik mengetahui mana posting yang mendatangkan keburukan atau kebaikan bagi member group. Jika sekiranya sebuah posting dapat mendatangkan syubhat bagi seluruh anggota group maka delete(hapus) atau kalau perlu di blokir agar tidak menimbulkan potensi kerusakan dimasa depan. Jika seorang admin membiarkan sebuah posting dan anggota group berbuat kerusakan, maka menjadi dosa baginya.

Dikutip dr Ustadz Firanda Adirja MA.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari

No comments:

Post a Comment